Enam Perusahaan Berdiri di Kepri, Tindak Lanjut Kesepakatan Kerja Sama Hannover Messe 2023

Dirjen KPAII Kemenperin, Eko S.A Cahyanto
Sumber :
  • Kemenperin

VIVA – Berakhirnya Hannover Messe 2023 menandai dimulainya langkah tindak lanjut dan implementasi atas berbagai kesepakatan kerja sama yang dihasilkan selama partisipasi Indonesia sebagai Official Partner Country di ajang yang berlangsung pada April 2023 lalu. Salah satu tindak lanjutnya adalah peresmian ”Grand Opening of 6 Companies” di Wiraraja Industrial Park yang berlokasi di kawasan Kabil, Kota Batam, Kepulauan Riau pada 5 Juni 2023 lalu. 

Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG

Dalam sambutannya saat meresmikan pendirian enam perusahaan tersebut, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa Indonesia menjadi salah satu anggota G20 yang paling berhasil dalam pemulihan ekonomi. Perekonomian Indonesia tumbuh sebesar 5,03% (yoy) pada triwulan I – 2023. Keberhasilan ini menjadi bukti bahwa Indonesia mampu mengatasi dampak pandemi dengan baik. 

”Grand Opening of 6 Companies” di Wiraraja Industrial Park merupakan salah satu momen penting bagi Indonesia dalam upaya pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19 serta mengakselerasi peningkatan daya saing industri dan pertumbuhan ekonomi nasional. Adapun enam perusahaan yang diresmikan yakni PT Apollo Solar Indonesia, PT Marubeni Global Indonesia, PT Tynergy Technology Group, PT Wiraraja Yunan International, PT Alpha Solar Indonesia, dan Jaya Electrical Energy. Total investasi yang dibawa masuk ke Indonesia oleh perusahaan-perusahaan tersebut  adalah sebesar USD800 juta atau sekitar Rp12 triliun dan akan menciptakan lapangan kerja bagi 13.000 orang.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Keberhasilan masuknya investasi di Indonesia tidak terlepas dari promosi dan kemudahan investasi yang diberikan. Airlangga menyampaikan, Pemerintah Indonesia memberikan berbagai insentif investasi yang sangat menjanjikan, antara lain tax holiday, tax allowance, import duty exemption, dan super tax deduction.

Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan, dan Akses Industri Internasional Kementerian Perindustrian (Dirjen KPAII Kemenperin) Eko SA Cahyanto menyampaikan, kesuksesan masuknya investasi tersebut juga tidak terlepas dari partisipasi Indonesia sebagai Partner Country Hannover Messe 2023 dan dukungan berbagai stakeholder, salah satunya peran KJRI Los Angeles yang memfasilitasi dan berkoordinasi dengan Kementerian Perindustrian terhadap rencana investasi Tynergy di Indonesia. “Selanjutnya, Kementerian Perindustrian akan terus mendorong promosi dan percepatan realisasi asing masuk ke Indonesia,” tutup Dirjen KPAII.

Melemah di Level Rp 16.220 per Dolar AS, Rupiah Diproyeksi Menguat
Ilustrasi resesi ekonomi/ekonomi global

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) menyebut, risiko RI masuk ke jurang resesi masih jauh lebih rendah dibandingkan negara-negara lain.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024