Akhiri Penas XVI Petani Nelayan 2023 Padang Kontingen Benua Etam Bawa Lima Gelar Juara

Gubernur Kalimantan Timur, Dr H Isran Noor
Sumber :
  • Pemprov Kalimantan Timur

VIVA – Ajang Pekan Nasional (Penas) Petani Nelayan XVI Tahun 2023 di Kota Padang, Provinsi Sumatera Utara menjadi even tersendiri bagi kontingen Provinsi Kalimantan Timur.

Febri dan Diandra Kembali Perkuat PSBS Biak di Liga 1 Musim Depan

Berkegiatan selama enam hari, sejak 10 - 15 Juni 2023, kontingen Benua Etam mampu tampil terbaik dan meraih prestasi juara di acara silaturahmi anggota dan pengurus Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) seluruh Indonesia.

Bahkan diajang yang ke 16 ini, tercatat tidak kurang 28 ribu peserta dari 37 provinsi terdiri petani, nelayan dan petani hutan se antero nusantara mengikutinya.

Agnez Mo Tampil di Gold Gala 2024 Pakai Batik dan Tusuk Konde Khas Indonesia

Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor menyampaikan apresiasi Pemerintah Provinsi Kaltim dan seluruh masyarakat Benua Etam atas prestasi yang diraih.

"Selamat atas prestasinya, tapi paling tidak banyak pengalaman dan pengetahuan diperoleh selama Penas berlangsung," ungkapnya, Jumat 16 Juni 2023.

Bukan Ikan, Nelayan Ini Dapat Buaya saat Tebar Jaring di Muara Sungai

Bagi orang nomor satu Benua Etam ini, Penas Petani Nelayan bukan sekedar ajang silaturahmi petani dan nelayan semata, tetapi ajang bertukar informasi dan alih teknologi terkait kegiatan pertanian dalam arti luas.

"Manfaatkan Penas ini sebagai momen mengasah keterampilan dan menambah wawasan untuk kegiatan usaha pertanian kita," pintanya, saat melepas kontingen Kaltim di Halaman Kantor Gubernur Kaltim Jalan Gajah Mada Samarinda, Kamis 8 Juni 2023.

Plh Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Rini Susilawati mengungkapkan rasa bangga dan bahagianya atas prestasi yang diraih kontengen Kaltim diajang Penas XVI Petani Nelayan Indonesia 2023 Sumatera Barat.

"Alhamdulillah, keterampilan kita mampu bersaing dengan peserta dari provinsi-provinsi lain," ujarnya, usai mengikuti upacara penutupan Penas XVI Petani Nelayan Indonesia 2023 di Landasan Udara Sutan Sjahrir Padang, Kamis 15 Juni 2023.

Pada even nasional kali ini, lanjutnya, kontingan Kaltim telah mampu mengantongi lima juara di lima even yang berbeda selama pelaksanaan Penas Petani Nelayan Indonesia 2023.

Yakni, kegiatan Temu Karya meraih juara Harapan II untuk Teknologi Destilasi Asap Cair Sederhana.
Kegiatan Karya Wirausaha untuk pakaian adat terbaik dan Kerupuk Ikan Bawis, selanjutnya kegiatan peragaan meraih predikat juara favorit untuk alat pemisah pemipil jagung (Apam Pijag).

Sedang dua juara lainnya diraih pada ajang Pentas Seni Budaya Penas Petani Nelayan Indonesia. Yakni, juara II Paduan Suara membawakan lagu (wajib/mars KTNA) dan lagu daerah "Tiga Tawai" (Suka Cita), dan juara II Festival Seni Budaya tarian Pancet Bangen Tawai.

"Kami terimakasih atas kerja keras dan kesungguhan teman-teman KTNA mengikuti Penas, hingga kita mampu meraih juara," ungkap Rini.

Diajang Penas Petani XVI Petani Nelayan Indonesia Tahun 2023 ini, Kalimantan Timur mengirimkan sebanyak 1.301 orang.

Terdiri peserta utama sebanyak 501 orang, pendamping 433 orang, peninjau 322 orang dan swadaya 45 orang.

Sementara pada pembukaan Penas XVI Petani Nelayan Indonesia di Kota Padang Sumatera Barat dihadiri Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan dibuka Menko Perekomomian Airlangga Hartarto, dihadiri 14 Gubernur dan 300 Bupati/Wali Kota di Indonesia.

Sedang even tiga tahunan anggota dan pengurus KTNA ini ditutup Gubernur Sumatera Barat H Mahyeldi Ansyarullah, sekaligus menyerahkan berbagai penghargaan bagi juara kegiatan Penas XVI Petani Nelayan Indonesia 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya