Wagub Kaltim : Tiga Kota di Kaltim Bisa Mencontoh FKUB Klaten

Wagub Kaltim menyampaikan apresiasi kepada Wagub Klaten
Sumber :
  • Pemprov Kalimantan Timur

VIVA – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Klaten Provinsi Jawa Tengah, berhasil mengukir sejarah karena mampu membentuk Paguyuban Kerukunan Umat Beragama (PKUB) sampai tingkat kecamatan dan desa/kelurahan, sehingga menjadi percontohan nasional.

7 Tips Menghadapi Ujian Nasional: Persiapan yang Efektif untuk Sukses

Keberhasilan tersebut oleh FKUB Provinsi Kaltim melakukan Studi Tiru ke Kabupaten Klaten, yang dipimpin langsung Wakil Gubernur Katim H Hadi Mulyadi dan diterima Wakil Bupati Klaten H Yoga Hardaya, di Ruang Rapat Utama Gedung B Kantor Pemerintah Kabupaten Klaten.Kamis (22/6/2023).

Wagub Hadi Mulyadi menyampaikan apresiasi kepada Wagub Klaten H Yoga Hardaya beserta jajarannya, termasuk Ketua FKUB Klaten dan anggota, Forkopimda Klaten telah menerima kunjungan Studi Tiru FKUB Kaltim dengan baik.

Hadiri Pesta Adat Lom Plai, Pj Gubernur Kaltim: Seni Budaya Ini Harus Dilestarikan

FKUB Klaten sangat luar bisa bisa membentuk 401 PKUB se-Kabupaten Klaten, sehingga mereka juga mampu menciptakan suasana yang kondusif dan hubungan antar umat beragama menjadi baik, serta membantu dalam proses pembangunan.

"Kita sangat berharap bisa menjadi contoh untuk Kalimantan Timur, dan saya berharap Kota Samarinda, Balikpapan dan Bontang bisa mencontoh FKUB Klaten, untuk membentuk PKUB sampai pada tingkat kelurahan, tentu ini menjadi bagian penting karena Kaltim akan menjadi ibukota negara baru, sehingga iklim yang kondusif itu bagian penting dalam membangun," kata Wagub Hadi Mulyadi

FKUB Sulsel Larang Pendeta Gilbert Datang ke Makassar, Ini Alasannya

Wagub Hadi Mulyadi menambahkan, Studi Tiru FKUB Kaltim ke Jawa Tengah, khususnya Pemkab Klaten ingin banyak belajar dengan FKUB Klaten terkait menjaga kerukunan umat beragama.

"FKUB Jateng dan Klaten telah berhasil membangun kehidupan yang harmonis, yang kita lihat dari indeks toleransi itu cukup baik, dan 10 kota masuk toleransi terbaik di Indonesia, dimana empat daerah ada di Jateng. Karena itu kami perlu banyak belajar dan saya kira kita memang harus banyak belajar dengan siapa pun, dalam hal ini Jawa Tengah, khususnya FKUB Klaten menjadi pilihan kami dalam mewujudkan toleransi beragama di Kaltim," jelasnya.

Wakil Bupati Klaten H Yoga Hardaya menyampaikan selamat datang kepada FKUB Kaltim yang dipimpin Wagub Hadi Mulyadi di Kabupaten Klaten dan berharap silaturahmi antara Pemkab Klaten dan Pemprov Kaltim dapat terus berlanjut.

"Selain ajang silaturahmi juga bisa bertukar ilmu, pengalaman dan juga untuk menjalin tali persaudaraan untuk berbuat kepada masyarakat di wilayah Provinsi Kaltim maupun msyarakat Pemkab Klaten dalam menjaga kerukunan umat beragama," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya