Serahkan Bantuan Rumah Layak Huni, Gubernur Isran Noor Yakin Kemiskinan Kaltim Turun

Gubernur Isran Noor menyerahkan rumah layak huni
Sumber :
  • Pemprov Kalimantan Timur

VIVA – Usai melakukan Gerakan Tanam 1000 Hektare di Kelurahan Bukit Biru, Kecamatan Tenggarong, Kutai Kartanegara, Gubernur Kaltim Isran Noor melanjutkan perjalanan menuju Desa Kelekat, Kecamatan Kembang Janggut.

PR Pemerintah: Angka Kemiskinan Masih Jauh dari Target RPJMN 2020-2024

Di desa yang berjarak sekira 168 km dari Kota Raja Tenggarong, Gubernur Isran Noor menyerahkan sejumlah bantuan sosial kepada masyarakat.

Bantuan yang diserahkan di antaranya rumah layak huni, bantuan bibit tanaman, bantuan obat-obatan dan vitamin serta sejumlah peralatan olahraga.

Pemukim Yahudi Hancurkan Paket Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina

Gubernur Isran mengaku senang dapat bersilaturahmi dan bertatap muka dengan masyarakat Desa Kelekat.

“Hari ini saya senang sekali dapat bertemu dengan masyarakat Desa Kelekat. Apalagi hari ini juga diserahkan bantuan rumah layak huni,” ungkap orang nomor satu di Kaltim itu.

Gelar Connect Preneur, Begini Strategi J&T Express Bantu Kembangkan UMKM

Gubernur mengatakan program pembangunan rumah layak huni berkolaborasi dengan perusahaan yang berusaha di Kaltim melalui program corporate social responsibility (CSR) dengan tujuan membantu masyarakat memiliki hunian yang layak dan sehat.

Persentase kemiskinan di Kaltim, lanjutnya, berdasarkan data BPS sebesar 6 persen. Dengan program pembangunan rumah layak huni diharapkan dapat menurunkan angka kemiskinan di Kaltim.

“Karena salah satu indikator dalam penentuan kemiskinan adalah kondisi rumah yang tidak layak,” jelasnya.

Gubernur Isran menegaskan, jika program pembangunan rumah layak huni dengan target sebanyak 3.000 unit dapat diselesaikan, maka ia yakin persentase penduduk miskin akan turun menjadi di bawah 3 persen.

Untuk diketahui, jumlah RLH yang diserahkan di Desa Kelekat, Kecamatan Kembang Janggut berjumlah 3 unit.

Susi, warga Desa Kelekat salah satu penerima RLH mengucapkan terima kasih, karena berkat program RLH yang menggandeng PT Bayan di Tabang, keluarganya kini bisa hidup lebih layak dan nyaman.

“Terima kasih Pak Gubernur, karena rumah kami sebelumnya sudah rusak dan sering bocor,” tuturnya dengan wajah berbinar.

Dirinya juga berharap, pemerintah bisa membangun RLH lebih banyak lagi sehingga akan membantu masyarakat memiliki tempat tinggal yang lebih layak dan sehat.

Turut mendampingi Gubernur Isran dalam kunjungan kerja ke wilayah tengah ini, Anggota DPD RI Nanang Sulaiman, Sekda Kutai Kartanegara Sunggono, Ketua TGUP3 Kaltim Adi Buchari Muslim dan kepala OPD di lingkup Pemprov Kaltim.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya