Gubernur Harapkan SKK Migas-KKKS Lakukan Investasi Rendah Karbon di Kaltim

Forum Kapasitas Nasional III 2023 Wilayah Kalimantan Sulawesi (Forkapnas Kalsul)
Sumber :
  • Pemprov Kalimantan Timur

VIVA – Mewakili Gubernur Kalimantan Timur, Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Timur Ujang Rachmad menghadiri, sekaligus keynote speaker pada Forum Kapasitas Nasional III 2023 Wilayah Kalimantan Sulawesi (Forkapnas Kalsul) yang digelar atas kolaborasi antara SKK Migas, KKKS, dan Mitra Penyedia Barang dan Jasa, di Borneo Ballroom Hotel Novotel Balikpapan, Selasa (4/7/2023).

Cara Meningkatkan Cuan di Era Digital

Mewakili Gubernur, Ujang Rachmad menyampaikan apresiasi atas digelarnya Forkapnas III Kalsul ini dengan harapan melalui forum ini SKK Migas terus meningkatkan peran industri nasional maupun lokal di seluruh pelaksanaan aktivitas industri hulu migas, serta meningkatkan capaian TKDN barang dan jasa di industri hulu migas.

Selain itu, Gubernur menyampaikan harapan kepada SKK Migas dan KKKS agar dapat mendukung percepatan transformasi ekonomi dan pembangunan superhub Ibu Kota Nusantara (IKN), terutama berperan aktif dalam transformasi ekonomi daerah di Kalimantan Timur.

Microsoft Tak Bakal Nyesel Investasi di Indonesia, Luhut: Saya Janji

Hal itu, lanjut dia, dapat dilakukan melalui dukungan pendanaan serta investasi untuk pengembangan dan riset industri turunan minyak dan gas serta upaya pengembangan solusi energi yang bersih dan berkelanjutan. Juga dukungan pembangunan sarana prasarana pendukung klaster-klaster superhub IKN.

“Kita harapkan juga SKK Migas-KKKS dapat mendorong upaya pengembangan diversifikasi ekonomi melalui dukungan dan investasi pada sektor ekonomi lain, seperti pariwisata, industri kreatif, teknologi, industri pengolahan, riset dan inovasi, serta sektor potensial lainnya. Selain juga tentunya dukungan dalam hal peningkatan kapasitas sumber daya manusia daerah mitra, mendorong keterlibatan masyarakat setempat dan pemberdayaan ekonomi lokal,” urainya.

Temui Jokowi, CEO Microsoft Komitmen Kembangkan Bisnis Teknologi di Indonesia

SKK Migas-KKKS juga diharapkan memberikan dukungan untuk pembangunan infrastruktur sosial, pendidikan, kesehatan dan program-program pemberdayaan ekonomi masyarakat setempat. Memberikan perhatian pada keberlanjutan lingkungan dan keselamatan masyarakat.

“Kita juga berharap SKK Migas dan KKKS dapat melakukan investasi rendah karbon di Kaltim, dengan beradaptasi dan mendukung kebijakan energi global serta transisi energi yang semakin mengarah pada penggunaan energi terbarukan dan rendah karbon,” pungkasnya.

Pada kesempatan ini, Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Ujang Rachmad juga mewakili Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim, sebagai salah satu narasumber pada salah satu sesu focus group discussion (FGD) Forkapnas Kalsul yang mengambil tema “Peran Strategis Industri Hulu Migas dalam Menunjang Ibu Kota Nusantara”.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya