Setuju dengan Gagasan Anies, Mahasiswa ini Ingin Petani Indonesia Lebih Sejahtera

Mahasiswa yang setuju dengan gagasan Anies tentang petani Indonesia
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Gagasan dari Bacapres Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan terkait perbaikan tata niaga dan peningkatan kesejahteraan petani menjadi perhatian bagi Laras dan Tika, Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Gajah Mada. Anies memang berkesempatan memaparkan seluruh gagasannya melalui kegiatan Bacapres Adu Gagasan di Grha Sabha Pramana UGM, Selasa(19/9).

Isu Duet Anies-Ahok di Pilkada DKI, Ganjar: Daftar Dulu Aja

“Saya amat tertarik pada gagasan Pak Anies terkait bidang pertanian, kami inginnya memang petani itu harus sejahtera, apalagi ini ke depan makin banyak (kalangan muda) yang gak mau jadi petani,” ungkap Laras. 

Laras mengaku dirinya pernah melakukan penelitian serupa dan menemukan kehidupan petani yang penuh dengan ketidakpastian, mulai dari masa tanam sampai panen yang hasilnya juga belum pasti apakah akan balik modal atau malah merugi dan berhutang. Itu belum ditambah banyaknya konflik agraria terkait tanah-tanah yang diolah.

Anies Beri Tanggapan Begini atas Pernyataan Luhut Minta Prabowo Tak Bawa Orang 'Toxic'

“Saya pernah ke lapangan dan berbicara langsung dengan para petani dan mereka memang sering mengalami konflik agraria serta tata niaga yang tidak baik, sama seperti yang disampaikan Pak Anies,” jelasnya

“Jadi kalau urusan tata niaga dan konflik pertanian gak diberesin takutnya kita malah krisis pangan,” tegasnya.

Didatangi Warga Diminta Maju Lagi di Pilgub DKI, Anies Jawab "Izinkan Berpikir Sejenak"

Hal senada juga diungkapkan oleh Tika yang juga mahasiswa pertanian bahwa petani sekarang kesulitan dalam memperoleh kepastian akan produk-produk mereka, sehingga mereka jauh dari kata sejahtera.

“Saya setuju bahwa petani kita memang kesulitan menabung karena apa yang ditanaman dengan apa yang dipanen kadang tidak simetris(harga jual saat panen jatuh) sehingga mereka kadang utang, yang membuat menabung menjadi sesuatu yang sulit,” papar Tika 

Tika berharap nantinya Anies bisa membuat kebijakan untuk memutus rantai tata niaga yang membuat petani kita sulit sejahtera. Sehingga generasi selanjutnya juga tak ragu untuk menjadi petani.

“Harapannya nanti Pak Anies buat kebijakan agar petani bisa sejahtera, bisa menabung dan nantinya akan banyak orang yang ingin menjadi petani,” tandasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya