Diseminasikan Informasi, Bea Cukai Jalin Kolaborasi dengan Lembaga Pendidikan Tinggi

Bea Cukai jalin kolaborasi dengan sivitas akademika
Sumber :
  • Bea Cukai

VIVA – Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Encep Dudi Ginanjar, mengungkapkan bahwa diseminasi kebijakan seputar kepabeanan dan cukai memerlukan kolaborasi dari berbagai elemen masyarakat, termasuk sivitas akademika.

Apakah Sekolah Masih Penting? Apakah Generasi Muda Harus Memiliki Cita-Cita?

“Diseminasi informasi sangat penting karena memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat. Diseminasi yang efektif dapat meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap peraturan,” ujar Encep, pada Kamis (14/03).

Dalam menyosialisasikan tugas dan fungsi instansi pada mahasiswa, Bea Cukai Jember menggelar Customs Tour 2024 dengan tema “Explore The Customs Universe”, pada Kamis (29/02). Kegiatan ini diikuti oleh sejumlah finalis Essay Competition, peserta magang Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM), dan dosen pendamping dari empat universitas di wilayah kerja Bea Cukai Jember.

Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

Serangkaian acara dimulai dengan penyampaian informasi seputar kegiatan kepabeanan dan proses bisnis Bea Cukai, kemudian factory tour ke dua pengguna jasa Bea Cukai Jember yaitu PT Mahkota Tembakau Jaya Abadi dan UMKM binaan Bea Cukai Jember, Elisa Rainbow.

Sementara itu, di Tangerang Selatan, program diseminasi peraturan dilakukan oleh Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Banten berkolaborasi dengan Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN, pada Kamis (29/02). Kolaborasi ini untuk memberikan kegiatan sosialisasi program asistensi pembukuan dan pencatatan cukai. Kegiatan ini dihadiri oleh pengusaha pabrik hasil tembakau jenis rokok elektrik yang berada di wilayah pengawasan Kanwil Bea Cukai Banten.

Bea Cukai dan BNN Sita dan Musnahkan 21 Kilogran Sabu di Tangerang

Encep mengungkapkan bahwa kolaborasi Kanwil Bea Cukai Banten dan PKN STAN adalah wujud pengabdian masyarakat yang bertujuan agar memudahkan pengusaha barang kena cukai (BKC) dalam mengurus pembukuan dan pencatatan untuk meminimalisasi pelanggaran.

“Kami berharap para mahasiswa dapat terus memberikan kontribusi positif bagi masyarakat sehingga masyarakat makin paham dengan tugas dan fungsi Bea Cukai,” pungkas Encep.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, dalam konferensi pers APBN KITA Edisi April 2024, di Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat, 26 April 2024

Sri Mulyani Buka Suara soal Harga Sepatu Rp 10 Juta Kena Pajak Rp 31 Juta

Viral di media sosial seorang pria mengeluhkan dirinya dikenakan biaya bea masuk Rp 31 juta untuk harga sepatu Rp 10 juta.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024