Pulih dari Tsunami, Tanjung Lesung Kembali Gelar Ajang Triathlon

Konferensi pers Rhino X Triathlon.
Sumber :
  • VIVAnews/Pratama Yudha.

VIVA – Akhir 2018 menjadi masa kelam bagi Provinsi Banten. Bagaimana tidak, sebagian wilayah Banten terutama pesisir pantai rusak parah akibat disapu tsunami.

Kembali Digelar, VR Run Series 2020 Suguhkan Pengalaman Baru

Tak ingin berlama-lama terpuruk, Banten pun berbenah. Pemerintah setempat melakukan revitalisasi agar roda perekonomian bisa kembali berjalan.

Kini, Banten ingin menunjukkan jika wilayahnya sudah kembali bangkit. Dan itu ditandai dengan digelarnya kejuaraan Rhino Cross Triathlon (Rhino X-Tri) 2019 di Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung yang dulu sempat menjadi wilayah yang cukup parah terkena dampak tsunami.

Di tahun ketiganya sejak 2017, kejuaraan terbuka triathlon lintas alam ini akan digelar pada 28-29 September 2019 mendatang. Event ini diluncurkan bersamaan dengan perayaan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 serta bagian dari kampanye Experience Tanjung Lesung sebagai upaya pemulihan pasca tsunami di akhir 2018 silam.

"Ini menjadi momen kebangkitan dan pemulihan pariwisata untuk Pandeglang pada khususnya dan Banten pada umumnya," kata Direktur Utama Banten West Java, Kunto Wijoyo, dalam konferensi pers di Tanjung Lesung, Jumat 16 Agustus 2019.

Sungailiat Triathlon, Tawarkan Tantangan Baru dan Hadiah Lebih Besar

Momen peresmian ini juga dikemas dalam sebuah acara bertajuk Pasar Kalitjaa yang akan menghelat Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih yang akan dilaksanakan secara serempak di darat (Pantai Kalicaa), laut dan udara oleh komunitas warga Badui, keluarga besar Tanjung Lesung, kelompok atlet kayak, paddle board, serta paramotor pada Sabtu, 17 Agustus 2019.

"Festival ini jadi menu utama jelang Rhino X Triathlon. Agenda triathlon jadi kebanggaan untuk Banten karena membuat wisatawan tak hanya berkunjung untuk sport tourism tapi juga bisa menikmati keindahan alam Tanjung Lesung dan sekitarnya," ujar Kepala Dinas Pariwisata Pemerintah Provinsi Banten, Eneng Nurcahyati.

Bagi Anda yang ingin mengikuti Rhino X-Tri, pendaftaran sudah dibuka sejak 1 Agustus 2019. Info lebih lengkap bisa dilihat di www.rhinoxtriathlon.com.

Ada promo harga khusus, early bird dan flash sale bagi peserta yang mendaftarkan diri hingga 31 Agustus 2019. Pendaftaran masih dibuka hingga H-7 pelaksanaan Rhino X-Tri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya