Piala Dunia Basket: Spanyol Mengamuk, Tunisia Jadi Korbannya

Pertandingan Piala Dunia Basket 2019 antara Spanyol melawan Tunisia
Sumber :
  • fiba.basketball

VIVA – Timnas Bola Basket Spanyol tampil beringas dalam laga perdana Piala Dunia Basket 2019. Berlaga di Guangzhou Gymnasium, Guangzhou, dalam matchday 1 Grup C, Marc Gasol cs berhasil menggasak tim lemah, Tunisia, dengan skor akhir 101-62, Sabtu 31 Agustus 2019 WIB.

Skandal Olahraga: Geger Atlet Normal Pura-pura Jadi Disabilitas demi Meraup Emas

Ricky Rubio jadi bintang kemenangan Spanyol dalam pertandingan ini. Point guard yang memperkuat Phoenix Suns ini berhasil mencetak 17 poin bagi timnya. Dua bintang lain yang juga bermain di ajang NBA, Juancho Hernangomez (Denver Nuggets) dan Marc Gasol (Toronto Raptors), juga tampil apik dalam laga ini. 

Hernangomez berhasil menyumbang 13 poin, sementara Gasol yang musim lalu membawa Raptors juara NBA, berhasil mengoleksi 10 poin. Tiga pemain Spanyol lainnya, Sergio Llull, Victor Claver, dan Pau Ribas, juga mencetak lebih dari 10 poin. Claver dan Ribas mampu mencetak 12 poin, sementara Llull sukses mencatat angka tertinggi kedua dengan catatan 16 poin.

Indonesia Arena Membara, Sang Juara Bertahan Spanyol Ditantang Latvia yang Mengejutkan

Pada kuarter pertama, Tunisia di luar dugaan sempat mencuri keunggulan. Shooting guard naturalisasi Tunisia, Michael Roll, sukses membawa Tunisia unggul 17-16 atas Spanyol pada akhir kuarter ini. Sumbangan satu poin Roll lewat tembakan bebas jadi penentu keunggulan Tunisia di kuarter pertama.

Memasuki kuarter kedua, tip shoot Claver sempat membawa Spanyol melebarkan jarak 37-34. Namun, Tunisia berhasil menipiskan jarak menjadi 36-37 lewat layup Roll. Three Point Rubio dan jump shoot Hernangomez kemudian membawa Spanyol membalikkan keadaan dan merebut kuarter kedua dengan keunggulan 42-39.

Piala Dunia Basket 2023: Timnas Spanyol Tak Mau Dibebani Status Juara Bertahan

Sayang, performa Tunisia menurun drastis begitu laga memasuki kuarter ketiga. Sumbangan dua poin free throw Rubio membawa Spanyol unggul 49-39 saat kuarter ketiga berjalan hampir tiga menit. Tembakan tiga angka Llull sesaat kuarter ketiga usai, membuat Spanyol unggul jauh 72-47.

Tunisia tak bisa berbuat banyak, sebab Spanyol terus menunjukkan agresivitasnya di kuarter penentu. Jump shoot Claver membuat Spanyol unggul 91-55 di pertengahan kuarter ini. Dua poin sumbangan Javier Beiran akhirnya menutup kemenangan 101-62 Spanyol atas Tunisia. 

Hasil positif pada laga perdana mengantar Spanyol ke puncak klasemen Grup C dengan catatan 2 poin, sama dengan yang diraih Puerto Rico. Dalam laga lainnya, Puerto Rico berhasil memetik kemenangan tipis atas Iran 83-81. Selanjutnya, Spanyol akan berhadapan dengan Puerto Rico, sementara Tunisia akan berjumpa dengan Iran. Matchday 2 Grup B akan digelar Senin 2 September 2019 WIB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya