Piala Dunia Basket: Sengit, Spanyol Hentikan Perlawanan Italia

Pertandingan Piala Dunia Basket 2019 antara Spanyol kontra Italia
Sumber :

VIVA – Memulai perjalanan di putaran kedua Piala Dunia Basket 2019, Spanyol sukses memetik kemenangan penting. Berlaga di Wuhan Gymnasium, Wuhan, dalam matchday 1 Grup J, skuat besutan Sergio Scariolo berhasil menghentikan perlawanan Italia 67-60, Jumat 6 September 2019 WIB.

Skandal Olahraga: Geger Atlet Normal Pura-pura Jadi Disabilitas demi Meraup Emas

Power forward Spanyol yang bermain untuk Denver Nuggets, Juancho Hernangomez, tampil gemilang. Bintang berusia 23 tahun ini mampu mencetak angka tertinggi dengan catatan 25 poin. Sementara itu, point guard andalan, Ricky Rubio, menyumbang angka tertinggi kedua dengan torehan 15 poin.

Pertandingan kedua tim sudah berjalan ketat sejak kuarter pertama. Dua poin sumbangan Amadeo Tessitori lewat tembakan bebas sempat membuat Italia memimpin 18 jelang kuarter pertama berakhir. Akan tetapi, jump shot dan aksi layup Sergio Llull memaksa kedudukan berakhir imbang di akhir kuarter ini 18-18.

Indonesia Arena Membara, Sang Juara Bertahan Spanyol Ditantang Latvia yang Mengejutkan

Kejar-mengejar angka kembali terjadi di kuarter kedua. Danilo Gallinari kembali membawa Italia unggul 29-28 dua menit sebelum kuarter kedua usai lewat tembakan bebas. Victor Claver kemudian membuat Spanyol unggul 30-29 lewat aksi slam dunk. Akan tetapi, Gallinari mampu membawa Italia merebut kuarter kedua 31-30, usai jump shot bintang Oklahoma City Thunder mendarat mulus di dalam ring.

Memasuki kuarter ketiga, pertandingan menjadi semakin panas. Layup Llull melebarkan jarak keunggulan Spanyol menjadi 50-44 semenit kuarter ini akan berakhir. Tembakan bebas Jeff Brooks tetap tak bisa membawa Italia unggul pada kuarter ini, dan akhirnya Spanyol berhasil membalikkan keadaan 50-48.

Piala Dunia Basket 2023: Timnas Spanyol Tak Mau Dibebani Status Juara Bertahan

Spanyol tetap tampil konsisten hingga kuarter penentu. Sementara itu, Italia sedikit menurun permainannya. Hasilnya, Spanyol mampu menjaga jarak keunggulan 64-58 lewat free throw Rubio. Sumbangan dua poin Rudy Fernandez dan satu poin Rubio lewat tembakan bebas akhirnya memastikan kemenangan Spanyol dengan skor akhir 67-60.

Meski menang, Spanyol masih menempati posisi kedua klasemen Grup J dengan catatan 8 poin. Spanyol kalah perbedaan poin dari Serbia yang dalam pertandingan lain sukses menggasal Puerto Rico 90-47.

Selanjutnya, Spanyol akan berhadapan dengan Serbia sementara Italia akan jumpa Puerto Rico dalam matchday 2 Grup J Piala Dunia Basket 2019 di Wuhan Gymnasium, Minggu 8 September 2019 WIB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya