Gubernur DKI dan Menpora Resmikan Pusat Fasilitas Berkuda di Jakarta

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, resmikan Equinara Pulomas Breeding Center.
Sumber :
  • VIVAnews/Pratama Yudha

VIVA – Indonesia terlihat semakin serius dalam mengembangkan olahraga berkuda. Itu terlihat dari peresmian Equinara Academy Pulo Mas (Sekolah Berkuda Standar Internasional) dan Equinara Pulomas Breeding Centre (Pusat Pengembangbiakan Kuda) di JIEPP, Pulo Mas Jaya, Jakarta, Sabtu 14 Desember 2019.

Optimisme Victoria Lee Naik Podium di Equestrian All Star Tour 2024

Sebagai salah satu fasilitas bertaraf internasional, fasilitas ini diresmikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali bersama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Equinara Academy Pulomas adalah pusat latihan olahraga berkuda yang bertujuan untuk mencetak atlet-atlet muda berprestasi.

Equestrian All Star Tour 2024 Segera Digelar, Ajang Pengembangan Atlet Berkuda Indonesia

Dengan menggunakan kurikulum berstandar international, Equinara Academy membagi peserta didik secara berjenjang mulai dari kelas Beginner, Development Squad, Performance Squad, hingga Elite Squad.

Sementara, Equinara Pulomas Breeding Centre adalah pengembangbiakan kuda ras warmblood pertama di Indonesia yang terdaftar di organisasi peternakan dunia, World Breeding for Sport Horse (WBSFH).

Jatuh dari Kuda, Celine Evangelista Mimisan Hingga Sulit Gerakkan Tubuhnya

"Dengan menggunakan kurikulum berstandar international, Equinara Academy akan menjadi pusat latihan olahraga berkuda yang bertujuan untuk mencetak atlet-atlet muda berprestasi di berbagai Multievent," ujar CEO Equinara, Adinda Yuanita, di Jakarta.

Ditambahkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dia mengaku sangat puas melihat perkembangan fasilitas breeding kuda yang ada di Jakarta saat ini. Dia berharap akan lebih banyak lagi kuda-kuda berkualitas yang bisa bersaing di level internasional.

"Concern kami setelah Asian Games adalah bagaimana bisa membuat fasilitas kelas dunia ini tetap menjadi fasilitas yang skalanya reputasinya dunia," kata Anies.

"Alhamdulillah hari ini Equinara diresmikan sebagai tempat untuk breeding kuda kelas dunia dan kita berharap nantinya kuda potensial akan lahir dari tempat ini dan bisa mewarnai percaturan dunia," lanjutnya.

Adapun fasilitas lengkap di Equinara breeding centre, di antaranya: Ultrasonografi (USG) untuk memeriksa kondisi saluran reproduksi kuda betina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya