Kisah Rio Haryanto Berjuang Cari Uang Demi Bisa Membalap di F1 Lagi

Ria Haryanto.
Sumber :
  • IG Ria Haryanto

VIVA – Mantan pembalap Formula One (F1) asal Indonesia, Rio Haryanto, akhirnya buka suara terkait masa depannya di dunia balap. Dia mengaku ingin kembali berada di balik kemudi jet darat itu.

Sirkuit F1 di Indonesia akan Dibangun Megah, Begini Komentar IMI

Namun, kondisinya sangat sulit bagi pemuda asal Solo. Sebab, untuk berlaga di F1, membutuhkan dukungan finansial yang sangat besar.

"Ya pasti saya kangen sekali. Tapi untuk bisa di F1 seperti yang kita tahu dibutuhkan finansial yang cukup besar. Jadi ya di situ ada keterbatasan," ujar Rio kepada wartawan.

Alasan Legenda F1 Lewis Hamilton Ingin Ganti Nama

Kendati demikian, Rio belum mengubur dalam-dalam mimpinya untuk kembali beraksi di ajang balap mobil paling bergengsi itu.

Dia terus mencari celah untuk kembali sambil mengurus bisnis alat tulis milik keluarganya.

RI Bakal Bangun Sirkuit F1 di Bintan, Begini Persiapannya

"Sejak F1 2016 saya terus mencari peluang untuk kembali ke dunia balap. Tapi, selain itu saya fokus juga untuk menjalankan bisnis keluarga," kata putra pasangan Sinyo Haryanto dan Indah Pennywati.

Ria Haryanto.

Diketahui, pria kelahiran Surakarta, Jawa Tengah, itu merupakan pembalap Indonesia pertama dan satu-satunya yang pernah mencicipi kerasnya persaingan di F1 hingga saat ini. Pada musim 2016, dia bergabung dengan tim Manor Racing.

Sayangnya, Rio gagal membalap semusim penuh lantaran kurangnya dukungan finansial. Dia hanya membalap sebanyak 12 seri sebelum digantikan Esteban Ocon.

Meski kini sudah tak lagi di F1. Tapi pria 26 tahun itu sesekali mengikuti ajang balap internasional. Terakhir, dia mengikuti balap ketahanan di Shanghai, China, pada 2017 lalu.

"Alhamdulillah waktu itu saya bisa juara," kata Rio.

Terbaru, Rio Haryanto baru saja direkrut oleh tim balap Toyota Team Indonesia (TTI). Dia akan berperan sebagai penasihat bagi para pembalap TTI yang akan berlaga pada 2019.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya