Jorge Lorenzo Khawatir Efek Radiasi Nuklir

Balapan di MotoGP Jepang
Sumber :
  • REUTERS/Toru Hanai

VIVAnews - Pembalap papan atas MotoGP mengaku puas dengan pergelaran MotoGP Jepang setelah sempat menolaknya karena ancaman radiasi. Namun, Jorge Lorenzo tetap mengkhawatirkan efek radiasi nuklir di masa depan.

Penonton Indonesia Bakal Adakan Nobar Episode Terakhir Queen of Tears, Catat Jadwalnya!

Radiasi nuklir memang menjadi ancaman setelah Jepang dilanda gempa dan tsunami awal tahun ini. Kebocoran reaktor nuklir di provinsi (prefektur) Fukushima Daiichi, Jepang, masih menjadi ancaman serius. Tingkat radiasi di sekitar pembangkit listrik tenaga nuklir itu bahkan telah mencapai 10 ribu kali dari batas normal.

Sebelum pergelaran MotoGP Jepang yang berlangsung Minggu 2 September lalu, dua pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa dan Casey Stoner, serta pembalap Yamaha Jorge Lorenzo menolak tampil di Motegi.

Ketiganya takut dengan efek radiasi nuklir Fukushima yang meledak pasca-bencana gempa dan tsunami, Juni 2011 lalu. Namun, mereka akhirnya tampil di Jepang dan bahkan meraih podium.

Pedrosa yang sukses memenangkan balapan, mengaku puas dengan jalannya MotoGP Jepang.

"Sebelum datang ke sini, semua orang sedikit takut dan bertanya banyak hal, mengenai makanan dan segalanya. Ketika Anda di sini, saya sedikit terkejut. Semuanya berjalan lancar dan saya pikir ini tindakan yang tepat," ujar Pedrosa seperti yang dilansir Autosport.

Kepuasan juga ditunjukkan pemuncak klasemen sementara MotoGP 2011, Casey Stoner. Pembalap asal Australia itu menegaskan ketakutan awal datang ke Jepang hanya karena kesimpangsiuran informasi.

"Menurut saya, semua pembalap mendapat tekanan ketika situasinya masih tidak jelas. Kami semua dapat opini sendiri dari orang-orang terpercaya. Bisa kita lihat semuanya baik-baik saja dan terlihat normal," tegas Stoner.

Jika Pedrosa dan Stoner puas, ada sedikit ketakutan dalam diri Jorge Lorenzo. Pembalap asal Spanyol itu menilai efek radiasi bisa muncul di masa depan.

"Saat ini kami baik-baik saja. Kita lihat bagaimana kondisinya beberapa tahun ke depan. Tapi, untuk saat ini kami dalam kondisi bagus dan situasinya baik. Tidak ada radiasi," pungkas Lorenzo. (irb)

Ilustrasi ibu hamil

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

Hamil adalah periode yang penting dalam hidup seorang wanita, dan menjaga pola makan yang sehat adalah salah satu cara terbaik untuk memastikan kesehatan ibu dan bayi.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024