Penyidik Ungkap Penyebab Kecelakaan Schumacher

Michael Schumacher saat bermain ski di Italia pada 2005 silam
Sumber :
  • REUTERS
VIVAnews
Sirkuit F1 di Indonesia akan Dibangun Megah, Begini Komentar IMI
- Kesimpulan sementara penyebab kecelakaan yang dialami Michael Schumacher saat bermain ski di Resort Meribel, Pegunungan Alpen, Prancis, 29 Desember 2013, diungkapkan pihak penyidik. Mereka mengatakan legenda balap Formula One (F1) itu kehilangan keseimbangan setelah mengenai batu.

Alasan Legenda F1 Lewis Hamilton Ingin Ganti Nama

Sejak pekan lalu pihak penyidik melakukan pemeriksaan terhadap kamera GoPro di helm yang digunakan Schumacher saat bermain ski. Jaksa wilayah Albertville, Patrick Quincy, menegaskan pihaknya sudah mendapatkan kesimpulan sementara penyebab kecelakaan Schumi berdasarkan rekaman video selama dua menit tersebut.
RI Bakal Bangun Sirkuit F1 di Bintan, Begini Persiapannya


Quincy memastikan Schumacher bermain ski di luar jalur reguler. Juara dunia F1 tujuh kali itu masuk ke jalur berbatuan atau biasa disebut off-piste. Semuanya berjalan normal hingga akhirnya Schumacher kehilangan keseimbangan setelah mengenai batu yang tertanam sekitar 3,5 meter di bawah salju.


"Schumacher bermain ski antara 3 hingga 6 meter di luar jalur reguler. Di satu titik, ski yang digunakannya menghantam bagian atas batu yang sedikit terlihat di atas salju. Dia kehilangan keseimbangan dan kepala membentur batu," ujar Quincy seperti dilansir
Sports Illustrated
.


"Batu pertama dan kedua yang mengenai kepalanya terletak 8 meter dari batas jalur ski reguler. Sulit untuk mengungkapkan berapa kecepataan Schumacher saat itu. Kami masih terus menganalisa secara lebih detail," sambungnya.


Sementara itu penyidik dari Kepolisian Prancis, Stephane Bozon, mengatakan Schumacher tidak dalam kecepatan tinggi sebelum mengalami kecelakaan. Namun, mantan pembalap Ferrari dan Mercedes itu kesulitan untuk mengurangi kecepatan.


"Schumacher pemain ski yang bagus. Dia berusaha mengurangi kecepatan, tapi dia berada di wilayah off-piste, jadi sulit untuk melakukannya. Berada di wilayah off-piste tentunya menciptakan bahaya. Tidak ada masalah dengan peralatan skinya," papar Bozon.


Schumacher sendiri hingga saat ini masih terus mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit CHU Nord, Grenoble, Prancis. Pembalap 45 tahun itu masih dalam kondisi kritis.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya