7 Fakta Menarik Jelang Balapan F1 GP Bahrain

Pembalap Mercedes Lewis Hamilton
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Balapan Formula 1 sudah memasuki GP Bahrain, di mana itu menjadi seri keempat balapan untuk musim ini.  Persaingan balapan mobil balap F1 tengah berlangsung cukup sengit, dan sayang untuk dilewatkan.

Duel sengit masih terjadi antar pembalap Mercedes, Lewis Hamilton dan Nico Rosberg. Cekcok saat jumpa pers usai balapan GP China akan menjadi bara bagi keduanya untuk bersaing ketat di lintasan Bahrain International Circuit.

Namun, Mercedes harus tetap mewaspadai ancaman Ferrari lewat Sebastian Vettel yang sukses menguntit kesuksesan duo Mercedes dalam beberapa seri terakhir. Gelaran balapan F1 GP Bahrain akan dimulai pada hari ini pukul 18.00 WIB dengan sesi latihan bebas pertama.

Sebelum menyaksikan serunya balapan F1, kita simak beberapa fakta menarik dari GP Bahrain yang dirangkum dari situs resmi Formula 1.

Alasan Legenda F1 Lewis Hamilton Ingin Ganti Nama

Berikut fakta-fakta menarik dalam gelaran GP Bahrain:

1. Bahrain International Circuit telah menyelenggarakan balapan F1 sejak awal mula digelarnya GP Bahrain pada 2004 silam. Musim lalu, adalah kali pertama GP Bahrain digelar pada malam hari.

2. Michael Schumacher berhasil mendominasi gelaran pertama GP Bahraian pada 2004 dengan meraih pole position, kemenangan, dan juga lap tercepat. Itu adalah yang pertama dari 4 rekor kemenangan di sirkuit untuk Ferrari.

3. Fernando Alonso menjadi pembalap paling sukses dalam sejarah GP Bahrain, yakni 3 kali menang. Disusul oleh Felipe Massa dan Sebastian Vettel yang hanya meraih 2 kali kemenangan.

4. Pedro de la Rosa memegang rekor lap di Bahraian 1 menit 31.447 detik, dan itu tercatat pada 2005.

5. Pole Position tidak menjamin kemenangan pada GP Bahrain. Hanya ada 4 dari 10 kemenangan yang berawal dari grid pertama atau pole pada sesi balapan.

6. Hanya 2 pembalap telah meraih lebih dari 100 lap di Sakhir, yakni Sebastian Vettel (146) dan Felipe Massa (102). Fernando Alonso dan Lewis Hamilton berikutnya pada 96 dan 58 lap yang dipimpin masing-masing.

7. Bahrain International Circuit memiliki panjang 5.412 km dengan putaran sebanyak 57 laps. Panjangnya balapan mencapai 308.238 km.

(ren)

RI Bakal Bangun Sirkuit F1 di Bintan, Begini Persiapannya
Denah lokasi sirkuit F1 di Bintan, Kepulauan Riau.

Sirkuit F1 di Indonesia akan Dibangun Megah, Begini Komentar IMI

Selain Sirkuit Mandalika yang akan menjad tempat diselenggarakannya MotoGP, Indonesia juga akan membangun sirkuit untuk penyelenggaraan Formula 1 alias F1

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022