Insiden Senggolan Rossi dan Marquez, Siapa yang Salah?

Duel antara Rossi dan Marquez
Sumber :
  • Crash
VIVA.co.id
Musim Depan Winglet Dilarang di MotoGP, Ducati Tak Cemas
- Lanjutan balapan MotoGP seri ketiga yang digelar akhir pekan kemarin diwarnai senggolan antara Marc Marquez dengan Valentino Rossi. Siapa yang salah?

Rossi Tak Sabar Ambil Alih Puncak Klasemen dari Marquez

Dalam balapan di Sirkuit Termas de Rio Rondo, persaingan antara Marquez dan Rossi berlangsung ketat sampai akhir balapan. Puncaknya, saat senggolan terjadi dua lap sebelum garis finis.
Marquez Dipaksa Beradaptasi dengan Cepat di MotoGP Austria


Marquez tampak berada di depan Rossi, sebelum rider Honda itu dipepet oleh motor Yamaha milik sang rival. Saat memasuki tikungan, tampak kedua motor bersenggolan namun tetap berdiri.


Tetapi saat memasuki tikungan berikutnya, motor Marquez pun terpelanting setelah ban depan motornya terdorong oleh ban belakang Rossi. Sang juara bertahan MotoGP pun terjatuh dan harus rela
retired
, karena motornya tak jalan lagi.




Meski berbenturan, Rossi sendiri tetap berdiri dan melesat tak terkejar sebagai yang terdepan. Juara dunia sembilan kali itu berhasil ungguli pembalap Ducati, Andrea Divizioso, dan rider LCR Honda, Cal Crutchlow.


Soal insiden itu Rossi berkomentar, Marquez melakukan sedikit kesalahan yang berakibat benturan tersebut. Sementara Marquez menyadari kesalahannya tetapi menilai semua akibat buruknya performa ban.


Kalau melihat dari video tayangan ulang, Marquez memang terlihat sangat agresif saat ingin menyalip Rossi. Tak heran kalau managing director Yamaha Factory Racing, Lin Jarvis, menilai Marquez membalap dengan ugal-ugalan.


"Sayangnya, Marc membuat kesalahan. Well, sebenarnya dua kesalahan. Karena setelah dia dilewati oleh Valentino, dia terlalu cepat mencoba mendekatinya kembali dan terlalu agresif," ujar Jarvis, seperti dilansir situs resmi MotoGP.


"Setelah senggolan pertama, saya pikir dia akan mundur sedikit karena sudah jelas kecepatan Valentino saat itu sedang lebih kencang. Jadi saat dia ingin kembali menekan semuanya terlalu dekat, jadi saat Vale berbelok (langsung kena motor Marquez). Maaf, tapi saya bisa katakan kalau ini salah Marc," lanjutnya.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya