7 Fakta Menarik MotoGP Jerman

Marc Marquez juara di MotoGP Jerman
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
Musim Depan Winglet Dilarang di MotoGP, Ducati Tak Cemas
- MotoGP musim ini akan memasuki seri ke-9 di Sirkuit Sachsenring, Jerman, 10-12 Juli 2015. Ini akan menjadi ajang pertarungan antara duo Yamaha, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo, yang saat ini menguasai posisi 1 dan 2 klasemen.

Rossi Tak Sabar Ambil Alih Puncak Klasemen dari Marquez

Namun, pembalap Honda, yang merupakan juara MotoGP dua musim terakhir, Marc Marquez, memiliki catatan positif di Sachsenring. Pembalap asal Spanyol itu dua kali menang beruntun di MotoGP Jerman, dan meraih waktu lap terbaik.
Marquez Dipaksa Beradaptasi dengan Cepat di MotoGP Austria


Sebelum berbicara tentang persaingan para pembalap, ada baiknya mengetahui beberapa fakta tentang MotoGP Jerman. Di antaranya, setelah GP terbagi menjadi tiga kelas, Jerman sudah 24 kali menghelat balapan, dengan 12 pemenang berbeda.


Saat ini, ada tiga pembalap yang paling sering menang di MotoGP/500cc Jerman. Mereka adalah legenda dari tim Honda, Mick Dohan, Valentino Rossi, dan Dani Pedrosa. Ketiganya sama-sama mengoleksi empat kemenangan.


Berikut fakta dalam angka MotoGP Jerman, seperti dilansir Crash:

1.
MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring terdiri dari 30 lap, 13 tikungan, dengan panjang lintasan 110,1 km


2.
Sejak penyelenggaraan GP dibagi menjadi tiga kelas, sudah 24 balapan digelar di Jerman, dan menghasilkan 12 pemenang berbeda.


3.
Hingga saat ini, catatan waktu terbaik di Sachsenring masih dipegang pembalap Honda, Dani Pedrosa. Pada 2011, dia menorehkan waktu 1 menit 21,85 detik.


4.
Dani Pedrosa, Mick Doohan, dan Valentino Rossi adalah tiga pembalap yang paling sering menang di MotoGP/500cc Jerman. Empat kali naik podium utama.


5.
Manufaktur tersukses di MotoGP/500cc Jerman adalah Honda, dengan 16 kemenangan.


6.
MotoGP 2006 merupakan balapan paling sengit di Sachsenring. Valentino Rossi, sebagai pemenang, terpaut 0,3 detik saja dari Pedrosa di peringkat 4.


7.
Pada MotoGP Jerman 2014, Marc Marquez dominan dengan meraih
pole
, memenangi balapan, sekaligus mencatatkan waktu lap terbaik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya