25 Tahun Satria Muda dan Harapan Evolusi Industri Basket Nasional

Duel Satria Muda vs Pelita Jaya di final IBL 2018
Sumber :
  • VIVA/Donny Adhiyasa

VIVA – Satria Muda genap berusia 25 tahun. Rabu 14 November 2018, secara simbolis, perayaan seperempat abad usia Satria Muda dirayakan di kawasan Epicentrum, Jakarta.

Ditekuk Satria Muda, Pelatih Pelita Jaya Kecewa

Satria Muda didirikian sejak 28 Oktober 1993 silam. Selama 25 tahun berkiprah di kancah basket profesional Indonesia, Satria Muda menjelma menjadi salah satu klub raksasa.

Berbagai gelar sudah mereka raih. Total, 10 gelar juara kompetisi basket profesional dikoleksi Satria Muda dalam 25 tahun mereka berkiprah.

Format Baru IBL Diharapkan Dongkrak Kualitas Timnas Basket Indonesia

Catatan ini membuat para pebasket profesional di masa sekarang menjadikan Satria Muda sebagai klub idaman mereka.

"Berbagai tantangan yang ada selama 25 tahun bisa dilewati dengan kerja keras, kebersamaan, kekeluargaan, dan profesionalisme. Alhamdulillah, saya bersyukur Satria Muda sudah menjadi klub solid," kata pemilik Satria Muda, Erick Thohir.

Satria Muda Gagal Raih Three Peat, Arki Dikania Wisnu: Salah Saya!

Menginjak usia 25 tahun, Satria Muda sudah seharusnya berkembang menjadi klub yang lebih besar. Industri basket nasional memang tak lebih menjanjikan ketimbang sepakbola.

Sebab, fans basket di Indonesia masih begitu terbatas. Meski demikian, Erick menuturkan, target Satria Muda di usianya yang sudah seperempat abad adalah mengembangkan industri basket nasional.

"Sehingga Satria Muda bisa setara seperti klub sepakbola, bisa ditonton ribuan suporter secara konsisten," terang Erick.

Bersamaan dengan perayaan ulang tahunnya, Satria Muda juga merilis skuatnya untuk kompetisi Indonesian Basketball League musim 2019 mendatang. Dari nama-nama yang ada, mayoritas adalah muka lama.

Dua pemain asing, Dion Lowhorn dan Andre Jamarr Johnson dipertahankan. Pun dengan pemain macam Akri Dikania Wisnu dan lainnya.

"Ada 17 pemain yang kami miliki. Fokus kami juga untuk memberdayakan pemain yang musim lalu kurang dapat kesempatan bermain. Terlebih, kolaborasi antara kami dengan Dior dan Jamarr sudah lebih baik. Semoga kami bisa mempertahankan gelar," kata pelatih Satria Muda, Youbel Sondakh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya