Satria Muda Gagal Raih Three Peat, Arki Dikania Wisnu: Salah Saya!

Kapten Satria Muda Pertamina, Arki Dikania Wisnu
Sumber :
  • Instagram/@iblindonesia

JAKARTA – Klub raksasa basket Tanah Air, Satria Muda Pertamina gagal dalam mewujudkan misinya untuk meraih 3 kali juara berturut-turut di kompetisi Indonesian Basketball League (IBL) musim 2023, setelah dalam laga semifinal tim asuhan Youbel Sondakh itu harus mengakui keunggulan Pelita Jaya Bakrie (0-2) dalam laga best of three series.

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Di awal musim reguler, penampilan SM sebenarnya sempat memberikan asa buat para fansnya untuk membidik kembali trophy IBL yang ketiga kalinya.

Sayangnya SM tidak cukup konsisten pada musim ini. Puncaknya mereka pun tersingkir di fase 4 besar. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Peringati Hari Kartini, Peran Perempuan dalam Industri 4.0 Jadi Sorotan di Hannover Messe 2024

"Musim ini saya akui bukan tahunnya Satria Muda. Liga IBL semakin berkembang dan tim-tim pesaing kami juga terus berbenah dengan serius. Sebagai leader tentunya saya bertanggung jawab atas kegagalan SM musim ini,” ungkap Arki Dikania Wisnu yang ditemani oleh Manager sekaligus sepupunya Ridi Djajakusuma saat ditemui di Kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu 19 Juli 2023.

Point Guard Satria Muda Pertamina, Arki Dikania Wisnu

Photo :
  • Dokumentasi Satria Muda Pertamina
Ajang JDM Funday Mandalika 2024 Bukan Sekadar Balapan Mobil Jepang

“Memang ada sedikit penyesalan saya dalam laga semifinal game kedua kemarin. Seandainya waktu bisa diulang, saya ingin eksekusi possession sendiri ketimbang memberikan umpan. Yang pasti saya kecewa. Rasanya itu kesalahan saya, harusnya saya yang ambil tanggung jawab untuk cetak angka di detik-detik terakhir,” lanjut Arki.

“Tapi terlepas semua itu, saya sangat bangga dengan tim Satria Muda Pertamina musim ini. Terima kasih untuk semua support system mulai dari owner, keluarga, coaching staff, para pemain dan tentunya fans SM. Tahun depan kami harus lebih fokus lagi untuk meraih juara,” ujar pemilik label Most Valuable Player (MVP) IBL 2017 tersebut.

Tersandung di musim ini tidak lantas membuat Arki mengamini komentar para netizen yang beranggapan bahwa Satria Muda terlambat dalam regenerasi dan salah dalam memilih pemain asing.

Menurutnya seluruh pemain juga harus introspeksi diri atas kekurangannya, namun yang terpenting musim depan SM harus menampilkan sejatinya karakater mereka dan memetik pelajaran dari musim ini.

Pemain Satria Muda BritAma, Arki Dikania Wisnu

Photo :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

"Saya tidak mau ada alasan kekalahan ini karena pemain asing atau karena kurang regenerasi. Coaching staff juga sudah bekerja dengan luar biasa baiknya. Musim kemarin buktinya kami bisa juara dengan Coach Youbel. Orang hanya bisa menilai tim A dan tim B banyak memberikan minute play ke pemain mudanya,” ujar Arki.

“Satria Muda sudah punya sistem sendiri dan pemain muda SM terus berkembang. Bahkan saat latihan pun kita tidak main-main. Karakter SM terbentuk mulai dari latihan. Dari dulu semua pemain SM kalo latihan itu seperti perang,” beber eks penggawa Indonesia Patriots pada musim 2019/20 tersebut.

“Saya punya mental tidak mau kalah baik saat latihan ataupun pick up game, termasuk saat bermain dengan para pemain muda SM. Tapi jika saat latihan mereka mengalahkan tim saya, terus terang saya sangat senang,” terang Arki.

“Artinya mereka terus berkembang. Kemudian ada juga komentar lainnya, SM harus punya pemain asing yang rakus mencetak poin. Buat saya yang terpenting pemain asing itu harus bisa beradaptasi dengan sistemnya SM apapun posisinya," ucapnya lagi.

Musim ini perjalanan Satria Muda memang tidak mulus. Selain problem pergantian pemain asing, Satria Muda juga sempat ditinggal sejumlah pemainnya yang tampil di SEA Games 2023.

Skuad mereka, bahkan tinggal menyisakan tiga nama saat itu. Tapi bagi suami Hilyani Hidranto itu, hal tersebut bukanlah serta merta tolak ukur alasan kegagalan SM.

Pemain Satria Muda, Arki DIkania Wisnu.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

"Pada game semifinal lalu, saya bermain dengan kondisi recovery cedera ankle dan siku. Belum lagi kami sempat dalam kondisi tim yang pincang.Tapi sebagai pemain pro, itu bukanlah alasan, termasuk jika ada pemain lain yang cedera. Menyambut musim depan SM akan melakukan evaluasi dari semua lini,” kata peraih 5 gelar IBL/NBL bersama Satria Muda tersebut.

“Saya pun juga termotivasi mempersiapkan diri lebih baik lagi dan selama saya masih kuat bermain saya ingin main terus untuk Satria Muda hingga saya pensiun. Namun untuk saat ini yang terdekat adalah recovery dengan melakukan MRI,  selanjutnya kami akan segera mempersiapkan tim untuk musim depan,” tambahnya.

“Satria Muda Pertamina masih lapar dan termotivasi untuk bisa meraih gelar juara IBL," tegas Arki.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya