Pastikan Pengamanan Asian Games, DPR Cek Markas Polda Metro

Kunjungan Komisi III DPR RI ke Polda Metro Jaya
Sumber :
  • VIVA/Bayu Nugraha

VIVA – Komisi III DPR RI melakukan kunjungan ke Polda Metro Jaya. Kunjungan ini dilakukan terkait dengan pengamanan Asian Games 2018 yang akan dilaksanakan di Jakarta dan Palembang.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

"Ini dalam rangka kunjungan kerja spesifik. Utamanya ingin menanyakan kesiapan pengamanan dan kelancaran Asian Games. Ternyata setelah kita cek di ruang komando sana, persiapannya sudah maksimal, tinggal berdoa saja," kata Ketua Komisi III DPR Kahar Muzakir di Mapolda Metro Jaya, Senin 9 Juli 2018.

Sementara itu, anggota Komisi III DPR RI, Masinton Pasaribu menyebut ada beberapa hal yang menjadi perhatian dalam pengamanan Asian Games seperti terorisme dan kejahatan jalanan yang saat ini marak terjadi.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

"Soal teroris dan street crime menjadi perhatian. Makanya tadi sudah dijelaskan. Bahwa ada kerja sama dengan BNPT juga. Diantisipasi agar tidak ada riak kelompok teroris sekecil apapun. Sudah sangat maksimal," ujarnya.

Politikus PDIP ini pun ingin dalam pengamanan nanti pihak kepolisian memperhatikan setiap delegasi maupun atlet yang akan bertanding mulai dari penginapan hingga venue pertandingan.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

"Kami lihat tadi sistemnya dan paparannya. Kepolisian Polda Metro telah menyiapkan monitoring khususnya wilayah hukum Polda Metro dan penempatan masing-masing atlet dari mulai penginapan sampai di tempat lokasi acara," ujarnya.

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Desmond J Mahesa menuturkan, ancaman terorisme menjadi perhatian dalam keamanan Asian Games. Sebab, jika ada surat ancaman aksi teroris saja hal itu membuat situasi tidak kondusif.

"Diskusi semua anggota bertanya adalah kalau ada surat kaleng tentang bom maka suasana akan lain apalagi ada bom beneran. Ini catatan khusus," ujarnya. (ren)

Sudah lihat bagaimana kerennya Jakarta International Velodrome? Stadion balap sepeda standar dunia ini bakal jadi venue Asian Games 2018. Lihat liputan khususnya di bawah ini:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya