Terbang ke AS, Siman Sudartawa Fokus Pertajam Catatan Waktu

Gede Siman Sudartawa
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Perenang andalan Indonesia, I Gede Siman Sudartawa terus mengasah kemampuan terbaiknya jelang berlaga pada Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Atlet asal Bali ini masih terus berupaya mendapatkan catatan waktu terbaiknya dalam agenda Training Camp (TC) di turnamen lokal di Amerika Serikat (AS).

Akuatik Indonesia Resmi Ganti Nama Jadi Federasi Akuatik Indonesia

Pada turnamen bertajuk Swim Meet of Champions, yang berlangsung selama 21-24 Juni lalu, Siman mencatatkan waktu 25,33 detik di nomor 50 meter gaya punggung.

Siman berhasil juara dengan mengalahkan perenang Rusia, Vladimir Morozov yang ada di posisi kedua dengan 25,53 detik.

Millennium Aquatic Jakarta Juara 8 Kali Kejurnas IOAC 2023

“Progres catatan Siman sendiri sudah mencatat waktu 25,33 detik di gaya punggung. Meskipun itu bukan catatan waktu terbaiknya, saya menilai dia mengalami progres cukup signifikan di sini,” ungkap pelatih tim renang Indonesia, Albert C Susanto.

Siman merupakan peraih medali emas di SEA Games 2017, Kuala Lumpur, Malaysia. Di nomor spesialisnya 50 meter gaya punggung, ia berhasil mencatat waktu 25,20 detik. Hasil itu sekaligus memecahkan rekor catatan waktu perenang Singapura, Quah Zheng Wen dengan waktu 25,27 detik.

Indonesia Lolos Final Renang Estafet Campuran Asian Games 2023

Meskipun hasil Siman belum mencapai waktu terbaiknya, Albert menyatakan, anak asuhnya itu setidaknya cukup menuai hasil dominan dari rekan sepelatnasnya yang lain.

Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) mengirimkan lima atlet renang ke Amerika Serikat.

Selain Siman, perenang yang bergabung dalam TC tersebut adalah Gagarin Nathaniel Yus, Triady Fauzi Sidiq, Gleen Vitor Sutanto, dan Indra Gunawan yang bertolak ke Amerika Serikat sejak 1 Mei sampai 1 Agustus 2018.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya