Bersihkan Kali Item, INAPGOC Habiskan Biaya Ratusan Juta

Penutupan jaring untuk mengurangi bau di Kali Item, dekat Wisma Atlet Kemayoran
Sumber :
  • REUTERS/Willy Kurniawan

VIVA – Wakil Ketua Umum INAPGOC, Sylviana mengatakan, bakal membuat peninjauan dalam crash program jelang Asian Para Games 2018. Tujuannya, agar aroma bau di Kali Item bisa teratasi.

Habiskan Lebih dari 1 Miliar, Dua Karya Anies Akhirnya Dibongkar

Nantinya, akan ada beberapa penanganan untuk menghilangkan aroma bau dengan menyediakan mikro-organisme, yang bisa memakan lumpur penyebab bau.

"Mudah-mudahan, akan berjalan dengan program yang sifatnya legacy. Bukan hanya setahun atau dua tahun, tetapi berkelanjutanlah," ucap Sylviana di Kawasan Kemayoran, Senin 30 Juli 2018.

2 Buah Ini Bisa Ciptakan Deterjen Ramah Lingkungan, Mudah dan Murah

Program jangka pendek ini akan memakan biaya yang besar. Sylviana mengatakan bahwa pihaknya bekerja sama dengan panitia Asian Para Games 2018 untuk mendanai program ini.

"Kalau anggaran sebenarnya kita bermitra dengan Asian Para Games. Nah, yang pasti kita crash program di bawah angka Rp200 juta," tutur Sylviana.

Kali Item Berbusa, 'Sejahat' Apa Sabun Bagi Lingkungan?

Bau yang berasal dari Kali Item menjadi masalah, ketika Asian Games 2018 Jakarta-Palembang akan dimulai. Sebab, aroma tak sedap bisa tercium hingga tempat makan wisma atlet Kemayoran.

Asian Para Games 2018 yang akan bergulir setelahnya, tentu tak ingin masalah tersebut mereka hadapi juga. Untuk itu, INAPGOC mengambil langkah cepat untuk melakukan peninjauan.

Kantong mayat. Foto ilustrasi.

Petugas PPSU Hilang 3 Hari, Ternyata Tewas dan Mengambang di Kali Item

Kapolsek mengatakan, sebelum ditemukan meninggal, petugas PPSU bernama Edi sempat menghilang sejak Kamis 10 Maret lalu.

img_title
VIVA.co.id
13 Maret 2022