Harapan Airlangga Usai Wushu Sumbang Medali Pertama Indonesia

Atlet Wushu Indonesia, Edgar Xaier Marvelo, saat tampil di nomor Chanquan Putra.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/INASGOC/ Gino F Hadi

VIVA – Cabang olahraga Wushu berhasil menyumbang medali pertama buat Indonesia di ajang Asian Games 2018, usai Edgar Marvelo meraih perak di nomor Chanquan. Selain itu, dua wakil Indonesia yakni Lindswell Kwok dan Juwita Niza, juga berhasil melaju ke putaran final.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Ketua Umum PB Wushu, Airlangga Hartarto, ikut menyaksikan langsung performa apik Edgar, Lindswell dan Niza yang bertanding di Hall B JIEXPO, Kemayoran, Jakarta, Minggu 19 Agustus 2018.

Setelah kesuksesan Edgar meraih perak, Airlangga berharap bisa menambah dua medali lagi dari Lindswell yang turun di nomor Taijiquan, serta Niza yang akan bertanding di nomor Nanquan. 

Pj Gubsu Dorong Atlet Wushu Sumut Raih Prestasi di Kejuaraan IWAG 2023

Airlangga yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Golkar menegaskan para atlet Wushu Indonesia sudah dibekali persiapan yang maksimal. Sebab, sebelumnya, mereka sempat melakukan pemusatan latihan di China selama empat bulan.

"Hari ini kita sudah ada tiga atlet yang tampil, ada Edgar tadi dapat silver medal (medali perak), Lindswell yang besok masih ada satu pertandingan, dan (Juwita) Niza. Mudah-mudahan bisa dapat satu medali lagi," kata Airlangga kepada VIVA.

Atlet Wushu Samuel Marbun Persembahkan Perak di Asian Games 2022

Tak lupa, Airlangga juga memberikan pujian kepada Edgar yang sukses mempersembahkan medali pertama buat Indonesia. Meski hanya mendapat perak, Edgar dinilai Airlangga sudah tampil maksimal meski tahu harus berhadapan dengan China, yang punya target meraih emas pertamanya di Asian Games 2018.

Seperti yang diketahui, atlet Wushu China, Sun Peiyuan, berhasil meraih medali emas pertama di Asian Games 2018, setelah meraih medali emas di nomor Changquan.

"Kalau latihan sudah maksimal, kemarin mereka sudah berlatih empat bulan di China. Mudah-mudahan bisa bermain lepas dan mendapatkan prestasi terbaik," ujar Airlangga. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya