Awal 2019, KOI Umumkan Jumlah Cabor yang Ikut Serta di SEA Games

Pelaksana tugas Sekretaris Jenderal KOI, Hellen Sarita de Lima
Sumber :
  • Pratama Yudha

VIVA – Komite Olimpiade Indonesia (KOI) berencana mengumumkan jumlah cabang olahraga yang akan diikuti Indonesia di SEA Games 2019 pada Januari 2019.

Raja Sapta Oktohari yakin Timnas Indonesia U-23 Lolos Olimpiade 2024 meski Dikalahkan Uzbekistan

Hal itu dipastikan usai KOI, yang diwakili pelaksana tugas Sekretaris Jenderal, Hellen Sarita de Lima, melakukan pertemuan dengan perwakilan cabor-cabor di kantor KOI, Jumat 21 Desember 2018. Pertemuan itu juga dihadiri oleh pelaksana tugas Deputi IV Kemenpora, Chandra Bakti.

Hellen menjelaskan jika KOI sudah sepakat dengan Komite Penyelenggara SEA Games Filipina (PHISGOC) soal jumlah cabor yang akan dipertandingkan. Nantinya, SEA Games 2019 akan mempertandingkan 56 cabor yang terdiri dari 29 cabang olahraga Olimpiade, dua cabor Olimpiade musim dingin, dan 25 cabor non-Olimpiade.

Nasib Timnas Indonesia U-23 di Olimpiade Usai Dihajar Uzbekistan

Namun, diakui Hellen, Indonesia kemungkinan tak akan mengikuti seluruh cabor yang akan dipertandingkan. Maka itu, dalam waktu satu bulan dari sekarang, KOI, cabor, dan pemerintah akan terus berkoordinasi untuk memutuskan berapa jumlah cabor yang akan ikut serta di SEA Games 2019. 

"Kita akan putuskan secara bersama-sama pada Januari yang kita kirim. Kalau tidak ada perubahan, akan ada 523 nomor dari 56 cabor (di SEA Games 2019). Ini sudah final. Pengesahan (cabor mana yang dikirim) akan dilakukan Januari tahun depan," kata Hellen kepada wartawan.

Erick Thohir ke Pemain Timnas Indonesia: Fight Back, Kita Nggak Bisa Diinjek-injek

Menyangkut soal cabor yang akan dikirimkan di ajang multievent terbesar se-Asia Tenggara itu, Hellen menyebut jika KOI dituntut sangat berhati-hati dalam memilih. Sebab, mereka tak ingin jika prestasi di SEA Games 2019 di bawah Asian Games 2018.

"Beranjak pada kesuksesan di Asian Games, harus dilanjutkan di SEA Games. Minimal kita harus menjaga rangking yang kita miliki," jelasnya.

Pelatih Indonesia U-23, Shin Tae-yong

Shin Tae-yong Yakin Timnas Indonesia U-23 Lolos Olimpiade meski Dihajar Uzbekistan

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong tidak menyangkal fakta bahwa timnya tidak dalam kondisi terbaik. Dia yakin lolos ke Olimpiade 2024

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024