Habisi Duo Taiwan, Kevin/Marcus Lolos Final French Open

Bulutangkis
Sumber :
  • PBSI

VIVA – Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon berhasil lolos ke final BWF World Tour Super 750, French Open 2019, setelah di semifinal mengalahkan Liao Min Chun/Su Ching Heng.

Kalah di Semifinal French Open 2024, Titik Balik Chico Aura Usai Cedera

Dalam pertarungan semifinal yang dilangsungkan di Stade Pierre de Coubertin, Paris, Prancis, Sabtu 26 Oktober 2019, Kevin/Marcus tampil mengganas, mereka cuma butuh dua game untuk menghancurkan lawannya.

Pada laga itu sebenarnya, meski cuma bermodal ranking 16 dunia, Liao/Su langsung mengambil inisiatif menggempur pertahanan The Minions. Namun, karena terlalu bernafsu, mereka malah menyumbang dua angka awal beruntun untuk keunggulan Kevin/Marcus.

Fajar/Rian Tumbang, Chico Aura Satu-satunya Wakil Indonesia di Semifinal French Open 2024

Di awal game pertama Kevin/Marcus mampu unggul cepat 4-1. Tapi, keunggulan mereka tak bertahan lama, duo Taiwan itu malah bisa berbalik unggul 4-7 setelah mendapatkan 6 poin beruntun setelah melakukan penyerangan sporadis ke pertahanan Kevin/Marcus.

Penguasa ranking 1 dunia itu sempat menipis angka jadi 6-7. Hanya saja serangankeras dari Liao/Su bisa merepotkan Kevin/Marcus dan mereka berhasil memperlebar keunggulan 6-9.

Kandaskan Anders Antonsen, Chico Aura Tembus Semifinal French Open 2024

Namun, mendekati jeda pertengahan game Kevin/Marcus mulai mengganas, mereka menggempur dengan smes-smes matikan. Akhirnya mereka bisa mengejar angka dan berhasil menyamakan poin 9-9.  Sayang sekali, saat jeda Liao/Su kembali bisa unggul tipis 10-11 dari Kevin/Marcus.

BWF World Tour.

Selepas jeda Kevin/Marcus langsung menggempur pertahanan lawan, dan serangan cepat mereka berhasil membuat mereka berbalik unggul 13-11. Hanya saja Liao/Su kembali berbalik unggul 13-14 usai mendapatkan 3 poin beruntun.

Pertarungan semakin memanas ketika kedua pasangan berbagi poin 15-15. Kali Kevin/Marcus meningkat serangan dan akhirnya mereka berhasil unggul cepat setelah mendapatkan 3 poin beruntun. Yang menarik, kali ini Kevin memanfaatkan servis ajaibnya untuk mencuri 2 poin. Mereka kini unggul 18-15.

Mendekati akhir game Liao/Su berusaha lepas dari tekanan Kevin/Marcus apalagi ketika tertinggal angka 19-16. Akhirnya di menit 17 Kevin/Marcus mengunci kemenangan dengan angka 21-18.

Pada game kedua, terjadi jual beli serangan sejak awal. Akibatnya perolehan angka ketat. Walau begitu Kevin/Marcus masih menguasai perolehan angka. Jelang jeda mereka sudah unggul 6-3.

Mendekati jeda, Liao/Su malah bisa berbalik unggul pada kedudukan 8-9 setelah sempat tertinggal 8-6. Mereka mendapatkan 3 poin beruntun setelah meningkatkan serangan. Tapi saat jeda, Kevin/Marcus bisa kembali unggul tipis 11-10.

Usai jeda pertarungan semakin sengit apalagi kedua pasangan secara  bergantian unggul dan menyamakan angka. Namun, setelah poin sama kua 14-14, Kevin/Marcus mulai menguasai pertandingan, 4 poin didapatkan beruntun untuk unggul 18-14.

Tapi di detik akhir game, angka kembali sama kuat 19-19. Padahal sebelumnya Kevin/Marcus unggul jauh 19-16. Malahan secara tak terduga situasi berubah, Liao/Su bisa berbalik unggul 19-20.

Laga semakin menegangkan ketika sebuah smes keras Kevin menggagalkan kemenangan Liao/Su. Angka sama kuat lagi 20-20. Ketegangan semakin memuncak kala Liao/Su kembali menciptakan game poin setelah kembali unggul 20-21.

Lagi-lagi Liao/Su gagal mendapatkan 1 poin pamungkas setelah smes Marcus menembus pertahanan mereka, angka kembali sama kuat 21-21. Dan akhirnya,  Kevin/Marcus menghentikan perlawanan duo agresif itu di menit dengan angka 23-21.

Dengan kemenangan ini mereka melaju ke final untuk menghadapi pemenang pertarungan antara Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe dengan Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty.

Ini merupakan pertemuan kedua mereka, sebelumnya mereka bentrok pekan lalu di babak pertama Denmark Open 2019, saat itu Kevin/Marcus menghabisi ganda itu dua game langsung dengan angka kembar 21-18 dan 21-18.

Baca: Anthony Ginting Dihajar Chen Long di Semifinal French Open

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya