Wow, Pemerintah Tak Permasalahkan Bengkaknya Anggaran SEA Games 2019

Menpora Zainudin Amali dalam konferensi pers SEA Games 2019
Sumber :
  • instagram.com/kemenpora/

VIVA – Ambisi besar yang diusung Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) meraih sukses kontingen Indonesia dalam SEA Games 2019 kian lantang didengungkan Menpora Zainudin Amali. Hal ini juga yang dipaparkan Menpora jelang persiapan akhir skuat Merah Putih ke ajang pesta olahraga se-Asia Tenggara itu.

Menpora Harap Ada Kejutan Prestasi Indonesia di Olimpiade 2024 Paris

Menurut Menpora, bertambahnya jumlah cabang olahraga yang ikuti kontingen Indonesia menjadikan anggaran untuk SEA Games 2019 kali ini juga turut membengkak. 

Untuk total awal cabang olahraga yang diikutsertakan sejumlah 36 yang kemudian melonjak menjadi 51 cabang olahraga. 

Harapan Menpora Indonesia Tambah Atlet Lolos Olimpiade Paris

Zainudin menjelaskan jika bertambahnya jumlah cabang olahraga dikarenakan pihaknya bersama dengan NOC terus memantau perkembangan atlet Indonesia yang memiliki potensi untuk merebut medali melihat tren performa sejumlah cabang olahraga pasca Asian Games 2018 lalu. 

Zainudin pun menyebut jika anggaran yang sebelumnya dialokasikan berjumlah Rp46 miliar, kini membengkak menjadi sekitar Rp64 miliar.

Menpora Bakal Bahas Piala Dunia U-20 dengan Singapura

“Pasti ada konsekuensi tentang biaya, nggak mungkin kita ingin meraih sesuatu yang besar dan lebih dari yang dipersiapkan di awal dengan standar anggaran seperti itu,” ungkap Zainudin kepada VIVA.

“Dari awal memang ada kemajuan dan perkembangan di prestasi cabang-cabang yang kita tambah dan diprediksikan bahwa ini akan menyumbang (medali),” tambah Menpora.

Pada pemaparan Menpora itu pun ditegaskan bahwa kontingen Indonesia menargetkan setidaknya bisa meraih 45 medali emas di SEA Games 2019 kali ini, atau memperbaiki peringkat saat SEA Games 2017 di Kuala Lumpur yang terdampar di urutan 5 klasemen perolehan medali.

Laporan: Febrika Indirawati

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya