Dampak Corona, Badminton Asia Championships 2020 Pindah ke Manila

Tunggal Putra Indonesia, Jonatan Christie
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA – Kabar mengejutkan disampaikan Federasi Bulutangkis Dunia (BWF), hal ini berkaitan dengan Kejuaraan Bulutangkis Asia atau Badminton Asia Championships (BAC)  2020. Sebelumnya ajang salah satu kualifikasi Olimpiade ini dinyatakan batal karena wabah Virus Corona-COVID-19.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Pembatalan itu disiarkan Timesport, Minggu 23 Februari 2020. Berdasarkan keterangan sumber yang dekat dengan badan bulutangkis China, BAC 2020 tak mungkin diselenggarakan di Kota Wuhan, China dan terpaksa dibatalkan. "Kami sedang mengusahakannya, mencari tuan rumah baru," kata sumber tersebut.

Keputusan membatalkan BAC 2020 diambil pemerintah China karena kondisi di Kota Wuhan masih dalam isolasi. Di saat bersamaan, wabah virus maut corona alias COVID-19 semakin mengganas.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Kini, BWF mengumumkan bahwa BAC kembali digelar. Jika sebelumnya dilangsungkan di Wuhan, China, kali ini disepakati pindah ke  Manila, Filipina 21-26 April mendatang. 

“Kami telah berusaha untuk mendapatkan persetujuan visa untuk semua pemain dan ofisial, sehingga mereka diizinkan masuk ke Manila untuk turnamen penting dan bergengsi ini," bunyi pernyataan BWF lewat situs resminya, Rabu 4 Maret 2020.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

“Kami ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih kepada Presiden Asosiasi Bulutangkis Filipina dan staf terkait, bersama dengan Pemerintah Filipina untuk membantu dalam masalah ini,” ucapnya.

Selain itu, dijelaskan bahwa BWF menyambut baik berita itu dan mengonfirmasi semua risiko kesehatan, keselamatan, dan logistik yang tepat telah dipertimbangkan. "Bahwa kesejahteraan para pemain, rombongan, dan ofisial di turnamen tetap menjadi prioritas utama," katanya.

Untuk diketahui, Kejuaraan Bulutangkis Asia sedianya dihelat pada 12 hingga 16 April 2020 di Wuhan Sports Center Gymnasium.

Baca: Luar Biasa, Sederet Pebulutangkis Top Indonesia Panaskan All England

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya