Profil Windy Cantika Aisah Lifter Putri Indonesia

Windy Cantika Aisah
Sumber :
  • tangkapan layar instagram/@Windyantika11

VIVA – Lifter putri Indonesia, Windy Cantika Aisah, menyumbang medali pertama Indonesia pada Olimpiade Tokyo 2020. Windy berhasil mendapatkan medali perunggu di kelas 49 kg putri di Hall Tokyo International Forum, Sabtu (24/7/2021). 

Profil Dio Novandra, Pacar Megawati Hangestri yang Dikenalkan ke Para Pemain Red Spark

Profil Windy Cantika Aisah lifter putri Indonesia

Windy Cantika Aisah merupakan Wanita asal Jawa Barat. Dara ini kelahiran Bandung, 11 Juni 2002 yang saat ini berusia 19 tahun.

In Memoriam: Prestasi Gemilang Mooryati Soedibyo, Pendiri Mustika Ratu

Windy Aisah sukses meraih medali perunggu berkat total angkatan 194 kg pada babak final yang berlangsung pada Sabtu 24 Juli 2021 siang WIB.

Medali perunggu tersebut sekaligus menjadi yang pertama bagi kontingen Indonesia di ajang Olimpiade Tokyo 2020.

Profil Rizki Calon Suami Beby Tsabina yang Punya Karier Mentereng

Hasil Angkat Besi Wanita Kelas 49 Kilogram:

  1. Zhihui Hou (Tiongkok) Medali Emas
  2. Chanu Saikhom Mirabai (India) Medali Perak
  3. Windy Cantika Aisah (Indonesia) Medali Perunggu

Berkat catatan itu, Windy Cantika Aisah menorehkan jumlah angkatan terbaik sepanjang kariernya yang tercatat di laman resmi Federasi Angkat Berat Internasional (IWF).

Dengan rekor angkatan yang sama, Windy Cantika Aisah juga memegang catatan angkatan terbaik di kelas 49 kg putri bagi Indonesia sejak Olimpiade Helsinki 1952.

Melansir laman Federasi Angkat Berat Asia (AWF), Windy Cantika Aisah juga memperoleh penghargaan sebagai atlet putri terbaik di Kejuaraan Junior Angkat Berat Asia 2020.

Ternyata, ibunda Windy Cantika Aisah juga mantan seorang lifter yang tercatat meraih medali perunggu pada kejuaraan Dunia 1998.

Perolehan medali perunggu di Olimpiade Tokyo 2020 ini juga menjadi bekal berharga bagi Windy Cantika Aisah untuk Asian Games Guangzhou 2022 mendatang pada kategori 49 kg putri.

Prestasi 

Diketahui Windy sudah menggeluti angkat besi sejak masih di bangku sekolah kelas 1 SMP. Hal tersebut membuat gadis 19 tahun ini memiliki segudang prestasi.

  • Di Asian Games ia mendapatkan medali emas di Jakarta 2018, SEA Games Filipina 2019, dan terakhir membawa pulang medali emas di Kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior 2021 di Tashkent, Uzbekistan bulan Mei lalu.
  • Windy merebut title lifter putri terbaik pada Kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior 2020 lalu. 
  • Berkat prestasinya tersebut, Windy dinobatkan sebagai salah satu atlet yang diperhitungkan di Olimpiade Tokyo lantaran menjadi atlet dengan urutan lima dunia. 
  • Hal tersebut berdasarkan perolehan total 3286,3327 poin dari kejuaraan angkat beban, selama tahun 2019 seperti di SEA Games dan IWF World Championship.
  • Asian Championships di China pada April 2019 lalu, membuatnya masuk dalam perhitungan poin kualifikasi. Dia mencatatkan angkatan total 177 kg, dari snatch 80 kg dan clean and jerk 97 kg.
  • Prestasi yang baru saja diraihnya, Windy berhasil mencatatkan medali perunggu di Olimpiade Tokyo 2020. Keberhasilannya berkat usahanya yang mendapatkan nilai total 194, yang terbagi snatch 84 kg dan clean and jerk 110 kg. Torehan itu menjadi rekor angkatan pribadi Windy.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya