PUBG dan Game Buatan Anak Bangsa Hadir di PON XX Papua

Game esports buatan Indonesia. Lokapala
Sumber :
  • Lokapala

VIVA – Esports telah resmi menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan secara ekshibisi di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Terdapat tiga game yang akan dikompetisikan, yakni Mobile Legends, Free Fire, dan eFootball PES 2021.

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Belakangan, Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) menambah daftar game yang akan dilombakan. Secara resmi, PBESI memasukkan PUBG mobile yang akan melengkapi daftar tiga game sebelumnya untuk dipertandingkan secara ekshibisi.

Tak hanya itu, PBESI juga secara sah memasukkan game lokal besutan anak bangsa, Lokapala, di PON XX Papua. Bedanya, game bergenre MOBA besutan Anantarupa Studios ini berstatus laga persahabatan.

Sosok Pria yang Ikut Terseret Kasus Narkoba Chandrika Chika, Ternyata Bukan Orang Sembarangan

Konferensi pers PBESI tentang PON Papua

Photo :
  • PBESI

Ketua Harian PBESI, Komjen Pol. Bambang Sunarwibowo, mengatakan penambahan dua game tersebut lantaran tingginya aspirasi dari komunitas disertai dukungan yang kuat dari pemerintah untuk memajukan industri game lokal.

EVOS dan Pop Mie Rayakan 6 Tahun Kolaborasi, Perkuat Komitmen untuk Majukan Esport Indonesia

"Dalam rangka menyambut aspirasi gamers Indonesia, PB Esport Indonesia juga mengikutsertakan PUBG Mobile dalam eksibisi Esports pada PON XX Papua," ujar Bambang dalam konferensi pers virtual, Selasa 24 Agustus 2021.

"Masuknya Lokapala sebagai friendly match turnamen atau laga persahabatan pada ekshibisi PON XX Papua merupakan realisasi dukungan PBESI terhadap industri pengembangan game lokal," tambahnya.

Masuknya Lokapala mendapatkan sambutan baik dari Sekretaris Jenderal Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Ade Lukman. Pasalnya, hal ini sesuai dengan misi KONI untuk memajukan cabang olahraga asli Indonesia.

"Kami harapkan setelah penyelenggaran akan melahirkan atlet-atlet yang akan menjadi wakil Indonesia dan mampu berkompetisi di level yang lebih tinggi," kata Ade.

"Semoga ini menjadi titik awal yang baik buat industri gim Indonesia supaya bisa berkarya lagi di Indonesia, di regional Asia Tenggara dan di dunia," tambah CEO Anantarupa, pengembang game Lokapala, Ivan Chen.

Info mengenai laga persahabatan Lokapala sudah bisa dilihat di platform Garudaku.com mulai 22 Agustus 2021. Nantinya, para finalis akan diberangkatkan ke Papua untuk memperebutkan hadiah total Rp200 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya