Simulasi buat Atlet Wushu Makin Siap Hadapi SEA Games Vietnam

KONI mengunjungi pelatnas wushu
Sumber :
  • KONI

VIVA – Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman, mengunjungi pelatnas wushu di GBK Arena, Jumat 22 April 2022. Pada tinjauan kali ini, Marciano melihat langsung simulasi pertandingan sebagai persiapan menuju SEA Games 2021 Vietnam.

Viral Megawati Kenalin Pacarnya ke Pemain Red Sparks, Ternyata Peraih Medali SEA Games

“Saya sangat terkesan, mereka begitu bersemangat dan yang kedua saya lihat, staminanya mereka sangat bagus ini hasil kerja keras para pelatihnya karena tidak mungkin melakukan gerakan-gerakan wushu ini kalau tidak ditunjang oleh stamina yang prima," kata Marciano usai menyaksikan simulasi Taolu dan latihan atlet nomor sanda.

"Oleh karenanya, ini adalah satu hal yang sangat menggembirakan dan saya optimis mereka bisa sukses di Vietnam,” tambahnya.

FOBI Gelar Kejuaraan Dunia Bertajuk Piala Presiden, 10 Negara Tampil

Pada kesempatan ini, Marciano juga mengucapkan terima kasihnya kepada Ketum PB WI, pelatih, atlet, dan ofisial wushu. Dia yakin wushu dapat mengulang sukses SEA Games 2019 di Filipina.

“Saya optimis terhadap persiapan yang dilakukan oleh PB.Wushu Indonesia terhadap atlet-atletnya. Mereka di Filipina juga menunjukkan prestasi yang baik, saya yakin di Vietnam mereka minimal mempertahankan dan harapan saya lebih bagus lagi daripada saat di Filipina yang lalu,” ujar Marciano.

Ini Sosok Wasit yang Pimpin Duel Timnas Indonesia U-23 Vs Australia, Kontroversial Lagi?

Adanya simulasi dijelaskan Sekjen Pengurus Besar Wushu Indonesia, Ngatino, untuk memperkuat mental para atlet. “Mereka mentalnya tambah kuat dan tidak ragu-ragu lagi dalam melaksanakan pertandingan nanti,” tutur Ngatino.

Simulasi yang dilihat Ketum KONI Pusat beserta jajarannya adalah nomor Taolu. Ini merupakan pertama kali atlet pelatnas wushu melakukan simulasi Taolu, tepatnya pada 22-23 April 2022. 

Berikutnya, simulasi digelar 5-6 Mei mendatang. Pada nomor sanda, simulasi sudah diselenggarakan namun para atlet tetap terus berlatih dengan semangat.

Menurut manajer Iwan Kwok, Timnas Wushu Indonesia akan terdiri dari 4 atlet taolu putra, 4 atlet taolu putri, 4 atlet sanda putra dan 4 atlet sanda putri. Mereka akan bertanding pada seluruh nomor pertandingan yang berjumlah 21.

Iwan menegaskan bahwa para wakil Merah Putih dari cabor wushu memiliki potensi medali di semua nomor. Tapi, yang paling besar potensinya antara lain pada nomor Changquan putra, Nanquan putra, Daoshu putra, dan Gunshu putra.

Edgar Xavier Marvelo yang pada SEA Games 2019 di Filipina meraih 2 emas, diunggulkan akan meraih emas pada nomor Changquan, Daoshu, dan Gunshu.

Selain itu, rekan Edgar, Harris Horatius dijagokan meraih emas pada Nomor Nanquan.

“Yang pasti saya akan berusaha semaksimal mungkin dan saya mohon doa dan supportnya untuk seluruh masyarakat Indonesia agar kami atlet Indonesia semua bisa bertanding secara maksimal dan bisa meraih prestasi yang maksimal juga,” kata Edgar. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya