Mengerikan di Kategori Speed, Panjat Tebing Indonesia Masih Berbenah

Sambutan untuk juara dunia panjat tebing
Sumber :
  • VIVA/Sherly.

VIVA – Indonesia tampil mengerikan di Piala Duna Panjat Tebing 2022 di Seoul, Korea Selatan. Wakil Merah Putih menyapu bersih podium di  kategori men's speed.

Rocky Gerung Terjun ke Dunia Olahraga

Meskipun demikian, Indonesia masih berbenah. Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), Yenny Wahid menyebutkan, bila pihaknya akan menyiapkan strategi kemenangan di bidang Lead Climbing dan Bouldering.

Hal ini karena Indonesia masih tertinggal cukup jauh akan prestasi di dua kategori itu. Meski memang, Indonesia tercatat sebagai pemegang kuat dalam kategori speed atau kecepatan.

Menjaga Tradisi Emas Indonesia di Olimpiade 2024

Sambutan untuk juara dunia panjat tebing

Photo :
  • VIVA/Sherly.

"Memang kategori speed itu kita pegang. Namun, kini kita sedang siapkan strategi juga untuk bisa memenangkan dua kategori lainnya di lead dan boulder," katanya di Terminal 3, Bandara Soetta, Tangerang, Rabu, 11 Mei 2022.

Yenny Wahid: Ambil Bansosnya, Coblosnya Tetap Nomor 3

Lanjut Yenny, dalam persiapan strategi kemenangan, tidak hanya dengan latihan saja, melainkan adanya dukungan fasilitas penunjang.

"Kita mulai mencoba deveploment  kita lakukan pembinaan jangka panjang, karena karateristiknya berbeda. Teknik juga penting sekali, bukan cuma kecepatan. Banyak faktor yang perlu disiapkan terutama fasilitas pendukung, seperti infrastruktur. Harus sama dipersiapkan agar jalur yang dilalui atlet bisa inovatif dan harus ada pembenahan sistemik," ujarnya.

Tidak hanya itu, pembinaan secara bahas juga akan dilakukan pihaknya agar, para atlet bisa langsung melakukan pelatihan guna meningkatkan kualitas.

"Guna meningkatkan kualitas pembuat jalur, tentunya kita harus magang ke luar negeri, dan harus menguasai bahasa asing, makanya kita juga lakukan pembinaan bahasa," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya