Yenny Wahid: NU Organisasi Netral dalam Pemilu 2024

Yenny Wahid Dalam Acara Hadiri Harlah ke-78 Muslimat NU
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Jakarta – Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Direktur Wahid Foundation, Yenny Wahid menegaskan netralitas Nahdlatul Ulama (NU) pada Pilpres 2024.  

Menang Pilpres, Prabowo Sebut Butuh Dukungan NU untuk Bangun Bangsa

Sebagai organisasi kemasyarakatan (Ormas) Islam terbesar di Indonesia, menurut Yenny, NU bersikap netral dalam politik praktis sehingga tidak mengerahkan struktur untuk mendukung pasangan calon yang akan berkontestasi pada Pilpres 2024.

“Ya, NU sebagai organisasi memang netral. NU bersikap netral dalam politik praktis,” kata Yenny usai menghadiri Harlah ke-78 Muslimat Nahdlatul Ulama di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, dikutip Minggu, 21 Januari 2024.

Gus Yahya Sebut Prabowo-Gibran Bagian dari Keluarga Besar NU

Putri Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Yenny Wahid

Photo :
  • Istimewa

Mengangkat tema “Membangun Ketahanan Keluarga untuk Menguatkan Ketahanan Nasional,” Harlah ke-78 NU dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, Ibu Sinta Nuriyah Wahid, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf, dan Ketua Umum Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa. 

Anies Tak Bisa Tentukan Sebagai Oposisi: Saya Bukan Pimpinan Partai

Yenny mengungkapkan telah cuti dari tugasnya sebagai fungsionaris PBNU untuk menjalankan perannya selaku Dewan Penasihat Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud.

Langkah itu ditempuh untuk menjaga marwah NU sekaligus menghormati khittah organisasi tersebut. 

“Seperti saya, saya cuti sementara  supaya bisa berkampanye. Jadi, saya tidak bawa-bawa organisasi. Hari ini, saya menghadiri acara Harlah Muslimat NU, lain ya,” ujar Yenny.

Yenny Wahid.

Photo :
  • Galih Purnama/VIVA.

Ia mengatakan, NU akan berdiri tegak di belakang semua pasangan Calon Presiden-Wakil Presiden, dan akan mengingatkan pemimpin negeri ini, siapa pun pemimpinnya, agar selalu berjuang untuk kepentingan masyarakat.

“Pesan kita, NU mempunyai komitmen untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Warga NU siap untuk menjaga kerukunan di tengah masyarakat untuk selalu melakukan upaya-upaya menyebarkan kebaikan dan selalu mendoakan bangsa dan negara,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya