Raih Tiket ke Asian Games 2022, Timnas Hoki Butuh Dukungan Pemerintah

 Tim Nasional Hoki Indonesia
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Tim Nasional Hoki Indonesia telah menunjukkan prestasi di kancah Asia. Bukan hanya meraih tiket ke Asian Games 2022 Hangzhou, tetapi Pasukan Garuda yang diasuh pelatih asal Malaysia, Dhaarma Raj mampu membawa pulang medali perunggu pada babak kualifikasi Hoki Asian Games yang digelar di Bangkok, Thailand, 5-15 Mei 2022. 

Apa Kaitan Hujan Saat Imlek? Benarkah Bisa Bawa Hoki?

Timnas Hoki Indonesia yang kalah 0-2 di Oman pada babak semifinal meraih perunggu setelah mengalahkan Thailand dengan skor 4-3 dalam perebutan peringkat ketiga. Sedangkan Oman merebut gelar juara setelah mengalahkan Bangladesh dengan skor 6-1.

Sekjen Pengurus Pusat Federasi Hoki Indonesia (PP FHI), Yasser Arafat Suaidy mengatakan, prestasi ini patut diacungi jempol. Bukan sekadar memastikan tiket ke Asian Games, namun juga untuk pertama kali meraih perunggu di single event kualifikasi Asian Games.

Bang Ipul Resmi Ganti Nama Jadi King Saipul Jamil

"Kerja keras PP FHI akhirnya berbuah hasil. Timnas Hoki Indonesia bukan hanya memastikan tiket ke Asian Games 2022 Hangzhou tetapi juga tercatat untuk pertama kali meraih medali perunggu pada single event kualifikasi Asian Games. Ini prestasi yang membanggakan," ujar Yasser, Senin 16 Mei 2022.

Atas prestasi yang baru pertama diraih sejak hoki berdiri di Indonesia tersebut, Ketua Umum PP FHI, Mayjen Budi Sulistijono mengharapkan dukungan pemerintah dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Sebab, tiket ke Asian Games 2022 Hangzhou itu diperoleh melalui babak kualifikasi seperti halnya tiket ke Olimpiade. 

Diperkuat Atlet Asian Games, Hoki Sumut Bidik 2 Emas PON 2024

"Kami mengharapkan Kemenpora memberikan dukungan terhadap Timnas Hoki Indonesia untuk melakukan persiapan menuju Asian Games 2022 Hangzhou. Karena, tiket yang diraih Timnas Indonesia berdasarkan prestasi yang diperoleh pada babak kualifikasi seperti halnya Olimpiade," ungkapnya.   

Ketua Eksekutif Federasi Hoki Asia, Dato Tayyab Ikram menyampaikan ucapan selamat atas prestasi luar biasa yang dicatat Timnas Hoki Indonesia.  "Saya mengucapkan selamat kepada Tim Hoki Nasional Putra Indonesia atas kinerja dan pencapaian luar biasanya.  Selamat kedua saya untuk Timnas Hoki Indonesia yang telah lolos kualifikasi Asian Games 2022 Hangzhou," katanya. 

Ia juga memuji kinerja PP FHI yang telah sukses meraih prestasi dalam waktu cukup singkat. "Kinerja PP FHI mengagumkan dalam waktu cepat bisa melakukan pengembangan, struktur organisasi dan pembentukan Timnas yang hebat," jelasnya.

Sementara itu, Dhaarma Raj mengungkap keberhasilan Timnas Hoki Indonesia di kualifikasi Asian Games tidak terlepas dari keseriusan PP FHI dalam mendukung persiapan. Termasuk mengirimkan Timnas Indonesia menjalani Training Camp (TC) di Malaysia . Termasuk pertandingan uji coba dengan beberapa klub Liga Malaysia dan klub negara bagian.  

"Banyak kemajuan yang dialami Timnas Hoki Indonesia setelah menjalani TC di Malaysia dengan menjalani 14 game friendlymatch yang dilakukan dalam suasana ramadhan. Baik itu dalam performa tim maupun individu," paparnya. 

"Kini, Timnas Hoki Indonesia telah memenuhi target lolos yang tidak mudah diraih dalam waktu singkat.  Makanya, saya berharap pemerintah Indonesia memberikan dukungan terhadap persiapan menuju Asian Games 2022 Hangzhou. Waktu persiapan pun cukup panjang karena pelaksanaannya ditunda pad tahun 2023," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya