Jalan Terjal Timnas Hoki Indonesia Runtuhkan Malaysia dan Berkuasa di SEA Games 2023

Timnas Hoki Indonesia raih emas SEA Games 2023
Sumber :
  • ANTARA/Aditya Pradana Putra

VIVA Sport – Timnas Hoki Indonesia menorehkan sejarah di SEA Games sekaligus meruntuhkan dominasi Malaysia di cabang olahraga ini.

Viral Megawati Kenalin Pacarnya ke Pemain Red Sparks, Ternyata Peraih Medali SEA Games

Timnas Hoki Indonesia berhasil meraih medali emas usai meraih kemenangan dramatis atas Malaysia pada laga final SEA Games 2023 Kamboja di Dinosaur Hall Pnom Penh, Kamboja, Minggu 7 Mei 2023.

Keberhasilan Timnas Hoki Indonesia yang diasuh pelatih asal Malaysia, Muhammad Dharma Raj ini sekaligus mengakhiri kedigdayaan Malaysia sebagai Raja Hoki Indoor yang langganan medali emas pada setiap pelaksanaan multi event dua tahunan negara Asia Tenggara tersebut.

Ini Sosok Wasit yang Pimpin Duel Timnas Indonesia U-23 Vs Australia, Kontroversial Lagi?

Dalam pertandingan itu, Prima Rinaldi dan kawan-kawan sempat ketinggal 0-3 dari Malaysia. Namun, mereka mampu mencetak tiga gol untuk menyamakan kedudukan pada waktu 5 menit 30 detik menjelang pertandingan penentuan kuartal keempat berakhir.

Tiga gol tersebut dicetak Hendri, Ferdian dan Muhammad Alfiana (9 detik jelang berakhir). 

Dulu Bawa Indonesia Sabet Emas SEA Games, Pramudya Kusumawardana Kini Bela Australia

Pertandingan dilanjutkan dengan babak penalti dan Indonesia berhasil mengalahkan Malaysia yang dengan skor 2-1. Dua gol penalti Indonesia dicetak Prima Rinaldi dan Andre Guntara.

Jika ditarik ke belakangan, perjalanan Timnas Hoki Indoor Indonesia untuk meraih medali emas SEA Games 2023 cukup berliku.

Pasalnya. tim hoki indoor Indonesia pernah dilarang bertanding di SEA Games 2019 Filipina karena konflik federasi. Selain Federasi Hoki Indonesia (FHI) ada juga Persatuan Hoki Seluruh Indonesia (PHSI).

Kemudian, dua tahun berikutnya atau pada SEA Games 2021 di Hanoi, cabang hoki tidak dipertandingkan.

"Rasanya bangga, sedih, campur aduk jadi satu, tapi alhamdulillah perjuangan kita selama empat tahun terakhir ini kita ikut kejuaraan Eropa dan Asia Cup ada hasilnya, kata kapten tim hoki putra indoor Indonesia, Prima Rinaldi Santoso.

"Hasil ini juga membuktikan bahwa kita bisa bersaing untuk berprestasi. Karena selama kita masih kurang dilirik. Dengan emas ini saya harap pemerintah bisa support untuk prestasi kedepan," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya