Tinjau Progres Indonesia Arena, FIBA: Salah Satu yang Terbaik di Asia

Pembangunan Indonesia Arena di kawasan Gelora Bung Karno
Sumber :
  • VIVA/Pratama Yudha

VIVA Sport – Federasi Basket Internasional (FIBA) meninjau kembali pembangunan venue multifungsi Indonesia Arena yang diperuntukkan Piala Dunia Basket 2023.

Dukungan BUMN Bikin Olahraga Indonesia Semakin Moncer

Kegiatan tersebut dilakukan pada Sabtu, 23 Juli 2022, yang bertempat di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta.

Hadir langsung Presiden FIBA, Hamane Niang, ditemani FIBA Sport and Competitions Director Pregrag Bogosavljev, Director General FIBA Media and Marketing Services Frank Leenders, serta jajarannya. PP Perbasi diwakili oleh Sekretaris Jenderal Nirmala Dewi.

Perbasi Apresiasi Sukses Pelita Jaya Tembus Babak Utama BCL Asia

Dalam kunjungannya, Hamane Niang mengaku terkesan dengan pembangunan venue yang sudah mencapai 34 persen dan ditargetkan bakal selesai tahun depan.

Dia optimistis gelaran Piala Dunia Basket 2023 di Indonesia bakal sukses dengan adanya venue megah seperti Indonesia Arena.

Tiba di Mongolia, Pelita Jaya Geber Persiapan Sambut BCL Asia

Kunjungan Presiden FIBA Hamane Niang dan jajaran ke Indonesia Arena

Photo :
  • VIVA/Pratama Yudha

"Sangat senang bisa mengunjungi Jakarta, selamat untuk pihak otoritas dari Indonesia. Ini hal yang sangat penting pagi persiapan Piala Dunia di Indonesia," ujar Hamane Niang.

"Sejauh ini pekerjaannya sudah sangat baik, waktunya juga tidak meleset. Saya mewakili FIBA sangat senang untuk melihat langsung infrastruktur ini," tutur pria asal Mali itu.

Selain Hamane Niang, pujian juga dilontarkan oleh FIBA Sport and Competitions Director Pregrag Bogosavljev. Dia bahkan tak segan menyebut Indonesia Arena bakal jadi salah satu venue basket termegah di Asia.

"Saya pikir arena ini akan sempurna dan mungkin jadi satu yang terbaik di Asia. Venue ini pasti akan dilengkapi sepenuhnya dan selaras dengan persyaratan FIBA yang berarti juga dapat digunakan untuk olahraga indoor lainnya," kata Predrag.

"Persyaratan kami lebih tinggi dari standar persyaratan untuk olahraga indoor yang lain. Proyek ini pada awalnya terlihat sangat ambisius atau mungkin terlalu ambisius untuk pengiriman peralatan yang sangat singkat. Namun, ternyata hal itu tampak realistis," tambahnya.

Sebagai informasi, Piala Dunia Basket 2023 bakal diselenggarakan di tiga negara, yakni Jepang, Filipina, dan Indonesia. Turnamen terakbar empat tahunan itu akan dihelat pada 25 Agustus - 10 September 2023.

Sayang, dari ketiga tuan rumah, hanya Indonesia yang hanya sebagai penyelenggara. Timnas Basket Indonesia gagal mentas di putaran final lantaran tak lolos perempat final Piala Asia Basket 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya