Sambil Angkat Keris, Wapres Ma'ruf Amin Resmi Buka ASEAN Para Games

Defile kontingen Indonesia di ASEAN Para Games 2022
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA Sport – Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma'ruf Amin secara resmi membuka penyelenggaraan ASEAN Para Games XI 2022 yang digelar di Stadion Manahan, Solo, Sabtu malam, 30 Juli 2022.

Suami Sandra Dewi Tersandung Korupsi Timah, Aiman Senang Kasusnya Disetop 

Opening ceremony atau upacara pembukaan ASEAN Para Games diawali dengan kehadiran Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia KH Ma’ruf Amin tribun VVIP Stadion Manahan Solo. 

Setelah itu prosesi dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dilantunkan penyanyi tuna netra, Putri Ariani. Para tamu undangan maupun penonton yang memadati stadion tersebut langsung berdiri untuk menyanyikan lagu kebangsaan negara Indonesia.

Jokowi Hopes Completion of Paralympic Training Center by Year's End

Kemudian, penampil selanjutnya adalah duet penyanyi keroncong asal Solo Endah Laras dan penyanyi anak tuna netra asal Klaten Ardha. Duet penyanyi yang menyanyikan lagu Bengawan Solo itu diiringi dengan gesekan biola komika Dodit Mulyanto.

Hanya saja sebelum menyanyi, tiba-tiba muncul Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo muncul dengan memainkan alat musik pukul kendang. Tak pelak aksi Ganjar yang didampingi dua pemain kendang itu langsung meriah.

Pedagang Pasar Johar Curhat ke Wapres: Sepi Pak, Pembeli Malas Kalau Harus Naik ke Atas

Setelah itu dilanjutkan dengan pertunjukan wayang kulit oleh dalang kenamaan asal Solo Ki Purbo Asmoro. Dalam pentas wayang itu, ia menceritakan tokoh wayang Rajamala yang menjadi maskot dari pesta olahraga atlet difabel se-Asia Tenggara. 

Kemudian acara dilanjutktan dengan pentas tari oleh sejumlah penari asal Solo yang berkolaborasi dengan sejumlah penyandang disabilitas. Tarian tersebut mendapat apresiasi yang tinggi dari para tamu undangan maupun penonton yang hadir.

Acara selanjutnya adalah defile sebanyak 11 kontingen negara peserta ASEAN Para Games. Dalam defile tersebut masing-masing kontingen negara didampingi dua tokoh wayang, seperti kontingen Myanmar didampingi tokoh wayang Rama dan Rahwana. Untuk kontingen Indonesia dikawal oleh Bima dan Arjuna.

Dalam sambutanya, Wapres KH Ma’rif Amin mengatakan bahwa ASEAN Para Games menjadi sumber inspirasi untuk semua tentang makna kesetaraan. Ajang multievent tersebut juga sangat istimewa karena atlet-atlet terbaik yang berjuang untuk mengharumkan nama negaranya.

“Para Games istimewa karena para atlet-atlet tersebut membuktikan bahwa dorongan untuk meraih cita-cita dan mengukir prestasi harusny lebih kuat daripada hambatan,” kata dia.

Ma’ruf juga mengucapkan selamat datang kepada para atlet yang mewakili 11 negara di kawasan Asia Tenggara untuk bertanding di Kota Surakarta (Solo). Menurutnya Kota Surakarta merupakan kota yang kaya kebudayaan dan menjadi tuang rumah National Paralympic Committee Indonesia yang bermarkas di Solo.

“Di kota inilah Pekan Olahraga Nasional Indonesia pertama kali diselenggarakan pada tahun 1948. Malam ini Kota Surakarta menjadi tuan rumah ASEAN Para Games untuk yang kedua kalinya setelah menyelenggarakan ASEAN Para Games VI tahun 2011,” sebutnya.

Wapres pun berharap dengan perhelatan olahraga ini dapat menjalin hubungan yang semakin erat untuk negara-negara ASEAN. Untuk itu, ia pun secara resmi membuka penyelenggaraan ASEAN Para Games XI 2022 di Solo.

“Dengan mengucap Bismillahirrahmannirrahim, ASEAN Para Games XI secara resmi saya nyatakan dibuka,” ucapnya.

Setelah selesai menyampaikan pidato pembukaan, Wapres langsung membuka keris dan mengacungkan keris ke atas sebagai penanda pembukaan ASEAN Para Games. Dengan iringan suara gemuruh yang menggelegar, kuncup bunga yang terletak di dalam lapangan langsung membuka.

Di dalam kuncup yang membuka itu terdapat maskot ASEAN Para Games, Rajamala keluar. Munculnya maskot yang disebut sebagai tokoh wayang dan tolak bala itu pun disambut dengan tepuk tangan yang meriah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya