Dampak Ekonomi F1 Powerboat Danau Toba, Menko Luhut: Putaran Uang Diperkirakan Rp300 Miliar

Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan di venue F1H2O di Balige, Kabupaten Toba
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

VIVA Sport – Penyelenggaraan F1 Powerboat atau F1H2O Danau Toba 2023, di Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, 24 hingga 26 Februari 2023. Memberikan dampak ekonomi yang sangat signifikan. Diperkirakan selama tiga hari, putaran uang mencapai Rp 300 miliar.

Bank Sumut Promosikan Pariwisata Danau Toba Melalui Pertemuan BPD se-Indonesia

Hal itu, disampaikan oleh Menteri Koordinator Kemaritiman dan Invstasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, dalam sesi jumpa pers, di venue F1 PowerBoat di Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Jumat 24 Februari 2023.

"Putaran uang diperkiraan mencapai Rp 300 miliar. Semua kita harus kompak. Sekali terima kasih," ucap Luhut.

Sean Gelael dan Tim WRT 31 Paling Terdepan, Raih Posisi 1 di Imola

Selain memberikan kontribusi ekonomi, Luhut mengungkapkan ajang balapan perahu motor ini. Juga menjadi fasilitas untuk memperkenalkan Danau Toba ke mata dunia dan membangkitkan pariwisata di Indonesia, pasca pandemi Covid-19.

“Dari laporan yang saya dapat, kita akan ditonton lebih dari 18 juta orang. Tidak pernah terbayangkan Danau Toba akan dilihat live oleh 18 juta penonton,” jelas Luhut.

Indonesian Government to Provide Incentive for Apple Investment

Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan di venue F1H2O di Balige, Kabupaten Toba

Photo :
  • VIVA/Putra Nasution

Adapun rangkaian F1H2O kegiatan dimulai tanggal 24 Februari 2023 di antaranya latihan bebas, 25 Februari 2023, babak kualifikasi. 

Sementara pada tanggal 26 Februari merupakan hari balapan utama ditambah dengan kegiatan hiburan, atraksi air dan lainnya. 

Sukses penyelenggaraan balapan perahu motor tersebut, Luhut mengatakan tidak lepas dari kontribusi besar dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toba. Dengan itu, ia mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi dan Bupati Toba, Poltak Sitorus.

Kemudian, kepada seluruh pihak yang terlibat pada pagelaran F1 Powerboat di Danau Toba. Termasuk, Kodam I Bukit Barisan dan Polda Sumut, ikut serta memberikan keamanan dan kenyamanan selama F1H2O berlangsung di Balige, Kabupaten Toba.

“Saya berharap, penyelenggaraan mulai hari ini sampai Minggu, 26 Februari 2023, yang direncanakan Bapak Presiden (Jokowi) akan hadir, akan mendorong menjadi hal yang baik,” jelas Luhut.

Luhut mengaku sempat berbicara dengan Founder H2O Racing, Nicolo Di San Germano. Luhut menyampaikan kepada Nicolo agar F1 Powerboat bisa berturut-turut selama 5 tahun digelar di Danau Toba. 

“Tetapi Nicolo bilang, kenapa hanya 5 tahun, 50 tahun boleh,” tutur Luhut menirukan percakapan dirinya bersama Nicolo.

Luhut juga mengungkapkan kepuasan Nicolo terhadap penyelenggaraan F1H2O Danau Toba ini. Karena, baru perdana digelar di Indonesia dan di Danau Toba dengan kondisi air tawar. 

“Semua prosedur-prosedur untuk menjaga-jaga kalau terjadi halyang tidak bagus juga sudah diantisipasi,” jelas Luhut.

Luhut dengan jumlah kunjungan atau penonton F1H2O yang datang ke Danau Toba, yang luar biasa ini. Selama penyelenggaraan F1H2O Danau Toba, 24 hingga 26 Februari 2023. Putaran uang diperkiraan mencapai Rp 300 miliar.

“Semua kita harus kompak. Sekali terima kasih,” tutur Menteri asal Sumatera Utara ini.

Luhut mengajak untuk berdoa, semoga penyelenggaraan F1 Powerboat Danau Toba bisa berjalan dengan bagus. 

Luhut juga mengungkapkan pekan depan tanggal 3 sampai 5 Maret 2023 akan diselenggarakan Worl Super Bike di Mandalika, Lombok. 

“Lima destinasi (prioritas) ini kita dorong betul-betul supaya hebat,” sebut Luhut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya