Ada Balap Sepeda Gunung, Ini 5 Jenis Olahraga Ekstrem di Dunia

Balapan sepeda gunung di Ternadi Bike Park, Kudus.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Sport – Olahraga ekstrem selalu menjadi cara bagi manusia untuk menguji batas kemampuan fisik dan mental mereka. Namun, beberapa olahraga diketahui memiliki risiko yang jauh lebih tinggi daripada yang lain, sehingga disebut sebagai olahraga paling berbahaya.

Pekerja Kantoran Sering Mengeluh Sakit Leher dan Pinggang? Begini Mengatasinya

Ada beberapa olahraga ekstrem yang menawarkan sensasi adrenalin tinggi namun juga memerlukan kesiapan dan kesadaran tinggi tentang risiko yang dihadapi, dilansir dari berbagai sumber, Selasa, 1 Agustus 2023 sebagai berikut:

1. Balap Sepeda Gunung

Jangan Dilewatkan! Ini Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga

Balapan sepeda gunung di Ternadi Bike Park, Kudus.

Photo :
  • Istimewa

Balap sepeda gunung adalah olahraga ekstrem yang menantang dengan rute yang berbahaya dan jalur bervariasi. Pengendara harus menghadapi medan yang kasar, tebing curam, bebatuan tajam, dan kondisi cuaca yang berubah-ubah. Cedera akibat jatuh, patah tulang, dan cedera kepala adalah risiko nyata yang selalu mengintai para peserta.

Nyeri-Pegal Usai Olahraga? Yuk Kenalan dengan DOMS

2. Panjat Tebing

Kiromal Katibin saat memecahkan rekor dunia panjat tebing

Photo :
  • twitter

Panjat tebing memerlukan kekuatan fisik dan ketahanan mental. Para pendaki sering menghadapi risiko jatuh dari ketinggian yang berbahaya, kesalahan dalam pengamatan, atau kegagalan peralatan. Sebuah kesalahan kecil bisa berakibat fatal.

3. Skydiving

Skydiving di Selandia Baru.

Photo :
  • Tourism New Zealand (TNZ)

Skydiving adalah olahraga yang melibatkan melompat dari pesawat atau ketinggian tinggi lainnya dan terjun bebas sebelum membuka parasut. Walaupun kebanyakan terjun parasut berjalan dengan aman, namun ada potensi bahaya serius akibat kesalahan manusia atau kegagalan peralatan. Resiko seperti kesalahan dalam pendaratan atau parasut yang tidak terbuka secara penuh dapat mengakibatkan cedera serius bahkan kematian.

4. Bungee Jumping

Bungee jumping.

Photo :
  • U-Report

Bungee jumping adalah olahraga ekstrem yang melibatkan lompatan dari ketinggian yang tinggi dengan tali bungee yang terikat pada kaki. Olahraga ini memicu adrenalin, namun juga memiliki risiko tinggi terkait kegagalan tali atau perhitungan ketinggian yang salah.

5. Ski Alpen

Ilustrasi pemain ski

Photo :
  • Pexels

Ski alpen adalah olahraga musim dingin yang menantang di pegunungan dengan medan yang curam dan sulit. Para peserta berhadapan dengan risiko jatuh, tabrakan dengan benda atau orang lain, atau terjebak dalam longsoran salju.

Olahraga paling berbahaya menawarkan sensasi dan pengalaman unik, tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa risiko yang menyertainya cukup tinggi. Peserta harus menyadari bahwa keselamatan adalah prioritas utama dalam berpartisipasi dalam olahraga-olahraga ini.

Menilai kesiapan fisik, mental, dan keterampilan teknis sebelum mencoba olahraga ekstrem adalah langkah penting untuk meminimalkan risiko cedera serius atau bahkan kematian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya