Menpora Dito Ungkap Tujuan Digelarnya Kejuaraan Antarkampung

Menpora Dito saat luncurkan Kejuaraan Antarkampung
Sumber :
  • Kemenpora

Jakarta – Kementerian Pemuda dan Olahraga di bawah kepemimpinan Menpora Dito Ariotedjo menggelar kejuaraan AntarKampung dalam upaya merawat guyub rukun warga melalui olahraga sekaligus untuk terus menumbuhkan peran industri olahraga dan kewirausahaan pemuda dalam membangun Indonesia yang semakin maju.

Jangan Malas, Olahraga Bisa Jaga Kesehatan Jantung Hingga Turunkan Risiko Kanker Lho!

Tidak akan ada prestasi tanpa adanya partisipasi serta tumbuh dan maraknya pembudayaan olahraga disetiap sendi kehidupan masyarakat dalam menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul melalui sektor keolahragaan, oleh sebab itu kejuaraan AntarKampung yang digelar Menpora Dito ini sebagai upaya memasyarakatkan olahraga ke seluruh penjuru negeri.

Menteri termuda di Kabinet Indonesia Maju itu pun mengatakan bahwa kejuaraan AntarKampung ini sekaligus mempererat rasa kecintaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sekaligus menjadi wadah pemersatu bangsa dimana olahraga memegang peranan penting dalam memperbaiki serta mengisi ruang bangsa agar semakin kokoh.

Gymnastics Indonesia Kirim Perwakilan ke Parkour World Cup 2024 di Prancis

"Melalui ajang ini sekaligus merawat persatuan dan kesatuan bangsa melalui olahraga," tegas Menpora Dito dalam melaunching Kejuaraan AntarKampung Kemenpora Tahun 2023 di Jakarta, Rabu 9 Agustus 2023.

Kejuaraan AntarKampung ini menurut Menpora Dito masuk dalam salah satu agenda prioritas Kemenpora diantara cabor yang dipertandingkan adalah voli, basket, bulutangkis, tenis meja, atletik.

Kemenpora: Proses Transisi Pemerintahan Harus Diisi Gagasan Segar Anak Muda

“Saya berharap, kegiatan ini bisa jadi ajang rekreasi warga sekaligus menggerakan ekonomi kampung. Warga jadi hobi olahraga, pedagang kaki lima bisa cari nafkah di area pertandingan. Budaya gotong royong antar warga tumbuh karena bareng-bareng bikin kejuaraan antar kampung” ucapnya.

Menpora Dito pun menyadari pentingnya investasi dalam momentum kebangkitan prestasi olahraga Indonesia, sehingga melalui kejuaraan AntarKampung ini sekaligus upaya dalam pengembangan bakat yang terus diperkuat, sehingga nantinya akan diiringi dengan pertumbuhan industri.

“Indonesia memiliki bakat yang mumpuni, namun bakat tidak hanya bisa dilakukan dengan keliling mencari, tetapi bisa kuat ditumbuhkan melalui kompetisi-kompetisi. Melalui ajang ini insha Allah seorang pemain akan terbentuk karena kompetisi. Itu semua akan membentuk mental dan meningkatkan kualitas mereka,” tambahnya.

Seperti diketahui, sektor olahraga Indonesia baik prestasi maupun industri telah menunjukkan pertumbuhan yang luar biasa dalam beberapa tahun terakhir, sehingga dengan partisipasi masyarakat untuk berolahraga khususnya mengikuti kejuaraan beberapa cabang olahraga AntarKampung ini diyakini akan terus mendongkrak potensi prestasi hingga industri, baik olahraga maupun pariwisata.

"Kejuaraan AntarKampung ini merupakan salah satu upaya mempersiapkan talenta-talenta agar terus berkembangnya potensi prestasi serta industri olahraga hingga ke pelosok-pelosok negeri," ucap Menpora Dito. 

"Sektor olahraga adalah emas bagi bangsa Indonesia. Banyak generasi muda di Indonesia yang potensial, yang berusaha dengan keringat dan tenaganya untuk mengharumkan Merah Putih di kancah dunia, sehingga melalui Kejuaraan AntarKampung ini kita coba untuk membimbing para potensi muda melalui jalur yang tepat" pungkas Menpora Dito.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya