Hapkido Sumut Targetkan Cetak Prestasi dan Medali Emas di PON 2024

Pengprov Hapkido Sumut saat jumpa pers persiapan hadapi PON 2023
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

Sumut – Hapkido Sumatera Utara (Sumut) optimis dengan target yang diusung 1 medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024. Saat ini, Hapkido Sumut menyiapkan 2 atlet muda dalam program Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) menuju PON 2024.

Mengajak Masyarakat Berolahraga dan Adopsi Gaya Hidup Sehat di Gowes 90 Tahun 90 KM

Target tersebut diungkapkan Wakil Ketua Pengprov Hapkido Sumut, Doni Damanik yang hadir sendirian ke Posko Publikasi PON XXI/2024 Wilayah Sumut di Kantor Dispora Sumut, Kamis 10 Agustus 2023. Doni hadir tanpa didampingi Kabid Binpres dan Pelatih, serta Wasping.

"Saat ini kita memiliki dua atlet menjalani Pelatda menuju PON 2024. Dengan dua atlet, kita optimis meraih satu medali emas. Namun kita akan terus berusaha menambah atlet masuk Pelatda," ujar Doni.

Equestrian All Star Tour 2024 Segera Digelar, Ajang Pengembangan Atlet Berkuda Indonesia

Pengprov Hapkido Sumut saat jumpa pers persiapan hadapi PON 2023

Photo :
  • VIVA/Putra Nasution

Doni mengungkapkan, dua atlet yang masih berusia 17 tahun dan 18 tahun tersebut juga baru menjalani Pelatda. Mereka masuk Pelatda sejak Juli 2023 lalu.

10 Tips Redakan Nyeri Haid dengan Cara Alami

"Kita sebenarnya mengirimkan 10 atlet untuk mengikuti tes fisik KONI Sumut kemarin, namun hanya dua yang lolos," ungkapnya.

Meski begitu, Hapkido Sumut percaya diri meraih medali emas. Dia mengklaim salah satu atletnya merupakan eks juara nasional tingkat Junior. Saat itu, ungkapnya, atletnya tampil di Kejurnas Junior dengan mewakili kabupatennya karena Hapkido Sumut belum terbentuk.

Pada PON 2024 mendatang, Hapkido mempertandingkan 16 kelas. Doni mengakui Sumut kesulitan mengikuti semua nomor karena keterbatasan atlet.

"Kita berharap minimal 10 atlet yang bisa masuk Pelatda. Dengan 10 atlet, kita optimis bisa meraih 2 emas," ucapnya sesumbar.

Doni mengakui, Hapkido Sumut kesulitan karena adanya regulasi dari PB Hapkido bahwa atlet yang bertanding di PON 2024 harus memiliki sabuk biru. Sedangkan atlet Sumut rata-rata memiliki sabuk putih dan kuning.

"Untuk itu, kita sedang melobi PB agar regulasi diturunkan. Atau minimal memfasilitasi untuk kenaikan tingkat sebulan sekali," sebutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya