Langkah PB Persani dan Federasi Senam Internasional Perkenalkan Parkour di Indonesia

Konferensi pers Brick Parkour Asian Tour
Sumber :
  • VIVA/Luzman Rifqi Karami

JAKARTA Parkour merupakan olahraga yang masih kurang dikenal di Indonesia. Dalam olahraga ini, kita mengolah tubuh dan kontrol yang baik melalui gabungan latihan lari, melintasi rintangan, melompat, dan memanjat.

Raih Tiga Medali Emas, Ygritte Gara Harumkan Indonesia di Event Bangkok Gymnastics Invitational 2024

Ternyata, parkour termasuk dalam bagian dari gymnastic atau senam. PB Persani (Persatuan Senam Indonesia) memiliki langkah tersendiri untuk lebih mengenalkan parkour di Indonesia.

Brick Parkour Asian Tour bakal digelar selama dua hari, 12-13 Agustus 2023. Acara ini digelar di lapangan parkir AEON Mall, BSD City, Tangerang.

Deretan 'Privilege' yang Didapat PIK-BSD Usai Ditetapkan Jokowi Jadi PSN

"Awalnya parkour masuk dalam disiplin gymnastic sejak 2018.  Kami terhormat untuk menyelenggarakan Asian Tour yang pertama," kata Ketua PB Persani Ita Yuliati Irawan di gedung NOC Indonesia, Jakarta, Jumat 11 Agustus 2023.

Kulineran di Bogor, Bisa Belanja Sekaligus Nikmati Dodonyaki Khas Jepang yang Lezat

Ada 285 atlet yang akan mengikuti Brick Parkour Asian Tour besok. Selain itu juga bakal ada workshop yang memperkenalkan parkour kepada anak-anak dan remaja.

"Nanti ada 3 disiplin. Ada skill parkour, freestyle dan speed masing masing dikompetisikan. Tiap atlet bisa ikut 1 atau 2. Pemenang bisa berkompetisi dengan atlet internasional," jelas Ita.

Sementara itu, Presiden Federasi Senam Internasional (FIG) Mori Watanabe mengungkapkan harapannya terhadap Parkour Asian Tour. Dia berharap Parkour semakin dikenal di Indonesia bahkan melebihi sepakbola.

Tujuan mengenalkan parkour karena kami tahu banyak yang tertarik mempelajari parkour. Kami ingin menjadikan parkour olahraga terkenal di Indonesia, bahkan  melebihi sepakbola," ungkap Watanabe.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya