18 Atlet Karate Indonesia Renzo United Tampil di Thailand Open 2023, Pembuktian Jadi Juara Sejati

Atlet Karate Indonesia Renzo United jalani latihan
Sumber :
  • Istimewa

Thailand – 18 atlet Karate Indonesia Renzo United bertolak menuju Pathum Thani, wilayah Thailand Utara. Di sana, mereka bakal mengikuti kejuaraan internasional Thailand Open Karate Championship 2023 yang akan digelar di Sport Institution Rangsit University.

MTsN 1 Pati Kirim Tiga Siswa ke Thailand untuk Olimpiade Matematika Internasional

Patron Renzo United, Emeritus Hermawan Kikiek Sulistyo memastikan bahwa kemampuan atlet karate Indonesia saat ini dalam kondisi siap bertanding. Mereka bahkan sudah mengikuti berbagai pelatihan yang digelar secara intens oleh pelatih berkelas I Made Budi Kertiyasa yang merupakan jebolan Pelatnas Asian Games 2018.

"Saatnya anak-anak Renzo United mengikuti jejak senior-seniornya seperti Cokorda maupun Zigi Zaresta Yuda untuk mengibarkan panji-panji merah putih di ajang internasional," ujar Kikiek yang juga menjabat Kepala Pusat Kajian Keamanan Nasional Universitas Bhayangkara, Kamis, 7 September 2023.

30 Killed Over Heatstroke Hit Thailand

Atlet Karate Indonesia Renzo United jalani latihan

Photo :
  • Istimewa

Bagi Kikiek, ajang kejuaraan Thailand adalah ajang yang sangat bagus sekaligus ajang bergengsi untuk membuktikan diri menjadi juara sejati. Jangan sampai, kata Kikiek, anak-anak Indonesia hanya berpuas diri menjadi juara di dalam negeri.

Profil Dio Novandra, Pacar Megawati Hangestri yang Dikenalkan ke Para Pemain Red Spark

"Ini merupakan tantangan kepada anak-anak harapan bangsa yang tergabung di bawah pembinaan Renzo United untuk mampu tampil dan berprestasi di era Internasional, jangan sekadar puas menjadi juara di dalam negeri," katanya.

Kikiek mengatakan prestasi adalah harga mati untuk mengharumkan nama bangsa dan negara. Karena itu, para atlet harus memiliki tekad kuat dan semangat yang tinggi. Berkaca dari pengalaman, atlet hebat adalah atlet yang mampu ditempa kuat sehingga memiliki mental yang besar.

"Ketika Choky dan Zigi kecil mereka belum menjadi apa-apa. Saat itu dengan segala keterbatasan saya memberangkatkan mereka dengan naik bus ke Jakarta untuk mendapatkan upgrade pembinaan dan panggung untuk menunjukkan bakat dan kemampuan yang sudah diasah pelatih di kampung masing-masing," ucapnya.

Sekadar informasi, Zigi Zaresta Yuda adalah peraih emas pada kejuaraan Sea Game Thailand pada Mei 2023 lalu. Sementara Cokorda Istri Agung Sanistiya Rani merupakan peraih medali emas Sea Game pada 2021 lalu yang diselenggarakan di Vietnam. Dia juga merupakan peraih medali emas pada PON Papua.

Diketahui, Tim Renzo United telah tiba sejak Senin 4 September kemarin untuk menyesuaikan cuaca aklimatisasi mengingat adanya perbedaan kondisi udara antara Indonesia dengan Thailand. Mereka datang lebih awal didampingi Chef De Mession, Shihan Syahril Effendi dan Manager Team Sensei Bambang Gunawan.

"Saya akan terus menyasar atlet dan pelatih kampung hebat yang luput dari glamornya karate seperti Putu dahulu. Pelatih dan atlet kampung akan selalu saya bina dan saya dorong anak-anak kampung menjadi punggawa kehormatan karate Indonesia di pentas dunia di masa depan," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya