5 Fakta Atlet Tinju Bondowoso Meninggal Dunia saat Berlaga di Porprov Jatim 2023

Atlet Tinju asal Bodowoso Meninggal Dunia
Sumber :
  • TikTok: muhamadzein3118

Jombang - Atlet Tinju asal Bondowoso, Farhat Mika Rahel Riyanto meninggal dunia saat berlaga di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur 2023.

Jalan Terjal Cristian Gonzales Demi Membela Timnas Indonesia

Atlet tinju berusia 15 tahun itu mengalami penderaan pada bagian kepala saat sedang bertanding menghadapi atlet tinju asal Blitar yaitu I Putu Nandikeswara. Gelaran Porprov Jatim di Universitas Darul Ulum Jombnag pada Senin lalu, 11 September 2023.

Berikut beberapa fakta menarik atlet tinju Bondowoso meninggal dunia saat berlaga di Porprov Jatim 2023, dilansir berbagai sumber:

BNPB: Hujan Ekstrem Diprediksi Terjadi hingga 20 Mei, Warga Sumbar Harus Waspada

1. Sempat dilarikan ke Rumah Sakit

Atlet Tinju asal Bodowoso Meninggal Dunia

Photo :
  • TikTok: muhamadzein3118
Korban Jiwa Banjir Bandang Sumbar Bertambah Jadi 44 Orang

Farhat Mika Rahel Riyanto atlet tinju asal Bondowoso sempat dilarikan ke rumah sakit setelah sempat pingsan di atas ring. Namun setelah melakukan pengawasan bersama dokter spesialis syaraf kondisinya tak kunjung membaik dan dinyatakan meninggal dunia pukul 02.10 WIB.

"Pada pukul 03.30 WIB Jenazah sudah diantar oleh ambulance RSUD Jombang ke Bondowoso dengan didampingi oleh Keluarga," pungkas Direktur RSUD Kabupaten Jombang Ma'murotus Sa'diyah, dilansir berita VIVA Jatim.

2. Jatuh di Ronde Ketiga

Sarung Tangan Tinju-MMA Sama? Salah! Ini Dia Tiga Perbedaannya

Photo :
  • Indra Farid/Onepride.net

Farhat Mika Rahel Riyanto jatuh saat memasuki ronde ketiga. Sebelum pingsan di atas ring, ia sempat ingin melanjutkan tanding. Nama wasit lihat kondisi Farhan yang sudah sempoyongan hingga akhirnya terjatuh. Wasit menghentikan pertandingan serta di kubu Farhan sudah melemparkan handuk putih ke atas ring.

3. Pendarahan di Kepala

Ilustrasi pendarahan otak.

Photo :
  • Pixabay

Seperti hasil pemeriksaan dokter serta melakukan CT Scan, Farhat Mika Rahel Riyanto mengalami pendarahan dibagian kepala. Setelah mendapatkan beberapa pukulan dari atlet tinju asal Blitar itu  I Putu Nandikeswara.

"Hasil pemeriksaan CT Scan Kepala didapatkan hasil perdarahan di kepala," tutur Direktur RSUD Kabupaten Jombang Ma'murotus Sa'diyah.

4. Wasit Sudah Sesuai SOP

Pertandingan tinju Porprov Jatim ke VIII di auditorium Universitas Darul Ulum

Photo :
  • VIVA/Uki Rama

Diungkapkan langsung oleh LO Porprov Jatim 2023 di cabang Olahraga Tinju, M Jono bahwa wasit yang memimpin sudah sesuai dengan SOP.

"Sempat sempoyongan tapi saya lihat dari penyelenggara atau wasit sudah sesuai SOP, bahkan pelatih juga melempar handuk pertanda sudah menyerah," katanya, Selasa, 12 September 2023.

5. Porprov Jatim 2023 Cabang Tinju Dihentikan

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Atas insiden mengundang perhatian Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa yang meminta Porprov Jatim 2023 cabang olahraga tinju untuk dihentikan sementara waktu. Keputusan tersebut diambil berdasarkan koordinasi dengan KONI Jatim.

"Pertandingan cabor tinju yang digelar di Jombang kami hentikan. Tidak ada kelanjutannya," ujar Ketua KONI Jatim, M Nabil melalui siaran pers resmi Bidang Media dan Humas KONI Jawa Timur, Selasa 12 September 2023, dilansir Dinas Kominfo Jatim.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya