Legenda Tenis Indonesia Nilai Yogyakarta Punya Potensi Besar Kembangkan Sport Tourism

Legenda tenis Indonesia, Yayuk Basuki
Sumber :
  • VIVA/Cahyo Edi Purnomo

Yogyakarta – Daerah Istimewa Yogyakarta terkenal dengan julukannya sebagai Kota Wisata. Berbagai tempat wisata baik seperti pantai, gunung, lembah, suasana pedesaan ada di Yogyakarta dan ramai dikunjungi wisatawan.

Mengajak Masyarakat Berolahraga dan Adopsi Gaya Hidup Sehat di Gowes 90 Tahun 90 KM

Legenda tenis Indonesia, Yayuk Basuki menilai di Yogyakarta sangat layak untuk dilakukan pengembangan sport tourism. Selain memiliki potensi wisata, di Yogyakarta juga banyak even-even olahraga yang digelar. 

Kolaborasi antara keindahan alam dan olahraga ini dinilai Yayuk Basuki akan melahirkan sport tourism yang bermanfaat bagi banyak pihak.

Equestrian All Star Tour 2024 Segera Digelar, Ajang Pengembangan Atlet Berkuda Indonesia

Yayuk menceritakan awal September ini dirinya menonton turnamen bola voli yang digelar di Kabupaten Gunungkidul. Saat itu antusiasme penonton menyaksikan pertandingan bola voli dianggap Yayuk luar biasa.

"Antusiasme masyarakat ini luar biasa dalam menonton pertandingan olahraga. Semisal kita kelola dengan konsep sport tourism seperti olahraga voli pantai dengan pantai-pantai yang menawan di Gunungkidul tentu akan jadi daya tarik tersendiri," kata Yayuk.

Legenda tenis Indonesia, Yayuk Basuki

Photo :
  • VIVA/Cahyo Edi Purnomo
10 Tips Redakan Nyeri Haid dengan Cara Alami

"Kolaborasi antara sektor wisata daerah setempat menjadi sport tourism akan mendatangkan kunjungan wisata. Selain itu keuntungannya olahraga yang dimainkan bisa lebih populer, sektor wisata terangkat, dan perekonomian warga lokal bergerak," sambung Yayuk.

Yayuk menceritakan pengalaman bagaimana ketika dirinya bersama artis Deddy Mahendra atau Desta menginisiasi Tiba-Tiba Tenis dan Lagi-Lagi Tenis yang sukses mempopulerkan olahraga tenis ke publik.

"Dampak dari event Tiba-Tiba Tenis dan Lagi-Lagi Tenis itu sekolah tenis membeludak. Sewa lapangan tenis sampai susah. Ini luar biasa," urai politisi PDI Perjuangan ini.

Yayuk menyebut even olahraga seperti Tiba Tiba Tenis, bisa ditiru untuk event olahraga lain. Apalagi Yogyakarta yang punya banyak destinasi pendukung sebagai lokasi penyelenggaraan.

Untuk membantu pengembangan olahraga dan pembinaan di DIY, Yayuk berencana akan menggelar event tenis bertaraf nasional di Yogyakarta. Kejuaraan tenis ini rencananya akan dinamai Piala Yayuk Basuki.

"Rencananya event (Piala Yayuk Basuki) itu Oktober nanti. Ya untuk pembinaan, untuk mencari bibit-bibit atlet dan juga untuk menyemarakan Hari Olahraga Nasional," tutup Yayuk.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya