Senam Sederhana Ala KST Atasi Lelah Berkendara

Senam
Sumber :
  • Istimewa

Jawa Timur – Kelompok sukarelawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Komunitas Sopir Truk (KST) menggelar Senam Sehat di Desa Paloh, Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Minggu malam, 17 September.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Dalam kegiatan tersebut, para peserta diajarkan gerakan senam sederhana untuk mengurangi kelelahan yang dialami sopir setelah melakukan perjalanan selama berjam-jam.

"Melakukan peregangan otot, senam-senam ringan biar otot tidak terlalu kaku. (Kegiatan itu dilakukan) di tempat-tempat dan sedikitnya waktu lelah (saat beristirahat) itu kita melakukan di mana pun," kata salah seorang instruktur senam, Kasyanto.

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Menurutnya, aktivitas berkendara dalam jangka waktu lama dapat menimbulkan penyakit serius bagi seorang sopir truk seperti nyeri sendi, punggung, penyakit jantung hingga meningkatkan risiko kematian dini.

Bahkan, menurut penelitian yang dilakukan peneliti dari University of Leicester menunjukkan bahwa menyetir dalam waktu lama dapat membuat daya kerja otak melemah dan tingkat kecerdasan menjadi menurun.

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Senam

Photo :
  • Istimewa

Selain rutin berolahraga, Kasyanto juga memberikan beberapa kiat untuk menjaga stamina dan kesehatan yang berguna bagi para sopir.

"Terutama, minum air (mineral) yang banyak. Jangan lupa juga minum suplemen yang berguna untuk tubuh dan jangan lupa itu istirahat yang cukup," katanya.

Selain mengajak untuk berolahraga, para sukarelawan KST juga turut menyosialisasikan bakal calon presiden 2024-2029, Ganjar Pranowo, kepada para peserta senam sehat kali ini.

"Di sini kami sambil menyosialisasikan soal Pak Ganjar sebagai Calon Presiden 2024 besok dan bagaimana dari program-program Pak Ganjar sebelumnya di Jawa Tengah," kata Koordinator Wilayah (Korwil) KST Jawa Timur, Nasrudin.

Menurutnya, kegiatan tersebut mendapatkan sambutan yang positif dari warga khususnya para sopir truk. Hal itu dinilai sebagai bentuk dukungan mereka untuk Ganjar menjadi Presiden Republik Indonesia selanjutnya.

"Sambutan dari warga Desa Paloh sini sangat baik, antusias banget untuk Pak Ganjar. Mereka insyaallah ke depan akan mendukung pencalonan Pak Ganjar dan akan memilih Pak Ganjar sebagai Presiden 2024," ujarnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya