Asian Games 2022, Peringkat Medali Indonesia Anjlok

Atlet menembak Indonesia di Asian Games 2023
Sumber :
  • Dok. Komite Olimpiade Indonesia

China – Indonesia pada pertandingan hari kelima Asian Games 2022 di Hangzhou China, Kamis 28 September 2023 belum dapat menambah perolehan medali emas dari nomor-nomor final dalam sejumlah cabang olahraga.

Pelatih Taekwondo dari Brimob Jambi Raih 10 Medali Emas Kapolri Cup

Dalam data klasemen medali hingga pukul 22.00 WIB, Indonesia sendiri yang hari sebelumnya bercokol di peringkat ketujuh dengan tidak adanya tambahan medali emas maka sementara harus terlempar dari sepuluh besar.

Kontingen Merah Putih kini berada di urutan ke-12 dengan tiga medali emas, tiga perak dan 10 perunggu. Peringkat Indonesia berada di atas negara Asia Tenggara lainnya yakni Singapura, Malaysia dan Vietnam.

Ketika Indonesia Bikin Sejarah Olimpiade Lewat Olahraga Sunnah Rasul

Di antara cabang olahraga yang melibatkan atlet-atlet Indonesia pada pertandingan sepanjang hari Kamis adalah menembak, wushu, renang, tenis, sepak takraw, balap sepeda, sepakbola dan hoki.

Atlet wushu Indonesia Samuel Marbun (kiri) sabet medali perak Asian Games 2022

Photo :
  • AP Photo/Aijaz Rahi
Lanny Gumulya, Sang Legenda Lompat Indah Meninggal Dunia

Di sisi lain, tuan rumah China terus mendulang medali yang memperkuat posisinya dalam peringkat teratas pesta olahraga antarbangsa Asia tersebut.

Kontingen China sudah mengoleksi 90 medali emas, 51 perak dan 26 perunggu. Posisi China sangat jauh di atas peringkat kedua Korea Selatan yang mengumpulkan 24 emas, 23 perak dan 39 perunggu.

Sedangkan Jepang, berada di peringkat ketiga sementara dengan 18 medali emas, 30 perak dan 30 perunggu.

Ketiga negara tersebut tetap mempertahankan tradisi sebagai tiga besar terkuat dalam olahraga Asia.

Di bawah mereka, persaingan memperebutkan medali masih cukup sengit dan saling susul menyusul, dengan perbedaan medali yang tidak terlalu besar.

Uzbekistan, India dan Thailand sama-sama meraih enam medali emas, namun Uzbekistan unggul dalam jumlah perak dan perunggu sehingga berada di urutan empat. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya