Kejuaraan Tarkam Pacitan, Kemenpora: Meningkatkan Prestasi dan Ekonomi

Kejuaraan Tarkam Kemenpora Pacitan
Sumber :
  • Kemenpora

VIVA – Kejuaraan Tarkam Kemenpora 2023 terus bergulir di berbagai pelosok Tanah Air. Pada Jumat 13 Oktober 2023, program unggulan Menpora Dito ini resmi berlangsung di Kabupaten Pacitan.

Indonesia Dipercaya Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Senam, Menpora Dito: Ini Sejarah

Ajang ini, dibuka langsung oleh Staf Ahli Bidang Budaya Sportivitas  Hamka Hendra Noer di Lapangan Desa Purwoasri Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan.

Turut hadir dalam upacara pembukaan Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan, Masrukin, Kepala Disparbudpora Kab. Pacitan Turmudi, Forkopimda Kab. pacitan, Kepala OPD kab pacitan, Camat sekabupaten pacitan, Kepala desa se kecamatan kebonagung, Ketua KONI dan ketua Kormi dan serta Ketua cabor.

Menpora Dito Beri Kabar Baik, Arab Saudi Komitmen Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Sebelum pembukaan kegiatan Kejuaran Tarkam, sebanyak 1500 orang yang memeriahkan kegiatan ini melakukan Senam Kebugaran Jasmani 2021 yang di pimpin oleh instruktur  Tyana Dewi dari Jakarta.

Adapun peserta senam terdiri dari para guru-guru SMP , para pelajar  Tingkat SMP dan para peserta  Atlet Kejuaraan Antarkampung dan kemudian dilanjutlan dengan Penampilan Marcing Band SMP Kabupaten Pacitan. 

Kisruh Nobar Timnas Indonesia U-23 Dilarang, Begini Respons Kemenpora

Pada hari pertama, perlombaan dari cabor Atletik yakni lari nomor 60 dan 80 meter mulai dipertandingan. Selain itu, cabang bulutangkis dan Voli baru akan dimulai siang hari ini. Rencananya rangkaian acara kegiatan kejuaraan Tarkam di Kab. Pacitan akan berlangsung dari tanggal 12 - 15 Oktober 2023.

Kejuaraan Tarkam Kemenpora di Kabupaten Pacitan ini tercatat diikuti oleh 800 perserta yang terdiri dari 12 kecamatan di Kabupaten Pacitan. 

Seperti  Kec. Arjosari, Kec. Bandar, Kec. Donorojo, Kec.Kebonagung, Kec.Nawangan, Kec.Ngadiojo,  Kec. Pacitan, Kec. Pingkuku, Kec. Punung, Kec. Sudimoro, Kec, Tegalombo, dan Kec. Tulakan.

Hamka Hendra yang mewakili Menpora Dito mengatakan Kejuaraan Tarkam dapat menjadi stimulus bagi warga masyarakat di perkampungan agar lebih aktif berolahraga. Dengan begitu, tingkat kebugaran masyarakat juga akan meningkat.

"Melalui DBON, kami berharap tingkat partisipasi masyarakat berolahraga akan meningkat dan akan lahir atlet-atlet level internasional dari Kota Sukabumi," tegasnya.

Lebih lanjut, Hamka Hendra berharap dengan adanya kejuaraan tarkam ini, dapat mempereat tali silaturahmi masyarakat, membangkitkan. UMKM 

"Kami juga berharap kejuaraan tarkam ini dapat berlangsung dengan lancar dan bermain secara fair play," kata Hamka.

"Selain meningkatkan prestasi atlet yang datang dari lapis bawah, dan meningkatkan perekonomian masyarakat lewat UMKM, Tarkam juga dapat dijadikan sebagai ajang silaturahmi antar warga dan pengurus olahraga," ujarnya, menambahkan

Sementara itu, Bupati Pacitan yang diwakili staf ahli Marsukin sangat berterima kasih karena telah dipilih oleh Kemenpora untuk menggelar Kejuaraan Tarkam.

"Pacitan memiliki banyak tempat pariwisata dengan keindahan alam, salah satu tuan rumah tarkam merupakan kebanggaan bagi warga kabupaten pacitan, diharapkan kedepan nya banyak event yang dipercayakan ke pacitan.

"Kejuaraan Tarkam ini salain ajang kompetiisi yang sportif juga sebagai pendorong perkembangan pariwisata dan perekonomian, dan membangun karakter yang tanggungjawab dan dapat melahirkan bibit bibit olahragawan di pacitan," sambungnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya