Atlet Tenis Dunia Diharapkan Lahir di Piala Yayuk Basuki

Yayuk Basuki saat membuka kejuaraan Piala Yayuk Basuki
Sumber :
  • VIVA/Cahyo Edi

Yogyakarta – Legenda tenis Indonesia Yayuk Basuki menggelar Kejuaraan Tenis Piala Yayuk Basuki yang digelar di Lapangan Tenis UNY, Yogyakarta sejak 23 hingga 29 Oktober 2023. Yayuk Basuki berharap lewat kejuaraan itu akan lahir atlet-atlet tenis dari Indonesia yang nantinya bisa berprestasi di kancah internasional.

Profil Dio Novandra, Pacar Megawati Hangestri yang Dikenalkan ke Para Pemain Red Spark

Yayuk Basuki mengakui saat ini olahraga tenis memang sedang digandrungi oleh masyarakat. Kondisi ini dibaca oleh Yayuk Basuki untuk menjaring bibit-bibit unggul petenis usia junior.

"Tenis saat ini lagi hype lagi. Semua orang pengen main tenis. Lapangan tenis penuh semua. (Lewat Piala Yayuk Basuki) saya mencoba untuk membantu pengembangan anak-anak ini," kata Yayuk Basuki, Senin 23 Oktober 2023.

Pekerja Kantoran Sering Mengeluh Sakit Leher dan Pinggang? Begini Mengatasinya

Yayuk Basuki menceritakan Kejuaraan Tenis Piala Yayuk Basuki ini sudah digelar sejak 2013 lalu dengan lokasi di Ambarawa, Jawa Tengah. Hanya saja penyelenggaraannya sempat terhenti selama tiga tahun karena pandemi COVID-19.

Kejuaraan tenis Piala Yayuk Basuki

Photo :
  • VIVA/Cahyo Edi
Thomas Cup dan Uber Cup Kobarkan Semangat Atlet Jelang Olimpiade 2024

"Begitu tahun ini dibuka otomatis membludak pesertanya. Untuk junior ditiga kelompok umur ada 115. Dari kelompok umur 10 tahun, 12 tahun dan 14 tahun. Ini kelasnya nasional," ungkap Yayuk Basuki.

"Kenapa saya fokus di tiga kelompok umur itu karena mereka akan jadi penerus atlet tenis Indonesia. Jenjangnya masih panjang. Lewat kejuaraan ini harapan saya bisa muncul anak-anak yang punya potensi lebih dan jadi atlet nasional. Syukur-syukur nanti bisa tembus sampai ke Grand Slam. Itu harapan saya dari dulu," imbuh Yayuk Basuki.

Yayuk Basuki mengakui saat ini regenerasi atlet tenis di DIY maupun nasional memang agak stagnan. Meski demikian dengan mulai digandrunginya lagi olahraga tenis, Yayuk Basuki melihat ada harapan bagi regenerasi atlet tenis.

"Saya akui regenerasi (atlet tenis) kita berkurang. Agak stagnan. Tapi potensi (atlet tenis) kembali terlihat usai olahraga ini hype lagi. Saya berharap lewat kejuaraan ini, lima hingga sepuluh tahun mendatang bisa muncul atlet Indonesia berbakat," tutur Yayuk Basuki.

Sementara itu Ketua Pengurus Daerah Persatuan Tenis Seluruh Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (Pengda Pelti DIY), Suwito menyambut baik digelarnya Kejuaraan Tenis Piala Yayuk Basuki ini. Suwito menilai kejuaraan ini bisa menjadi sarana untuk regenerasi atlet tenis, terlebih berbagai sarana pendukung dimilki DIY.

"Potensi atlet tenis bagus sekali. Kita juga punya infrastruktur, seperti lapangan UNY ini, potensi SDM juga pelatihnya, sangat representatif. Tinggal gimana mengelola kerja sama dengan berbagai pihak lain. Semakin banyak kejuaraan seperti ini, akan berdampak pada atlet junior kita," jelas Suwito.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya