Kejuaraan Tarkam Masohi, Kemenpora Ingatkan Tujuan DBON

Kejuaraan Tarkam Kemenpora Kabupaten Tebo
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Kemenpora menggelar Kejuaraan Tarkam 2023 di Kota Masohi, Kabupaten Maluku Tengah Provinsi Maluku. Ajang ini berlagsung pada 23-25 Oktober 2023.

UEA Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Acara pembukaan digelar di GOR Masohi Kabupaten Maluku Tengah, Senin 23 Oktober 2023. Antusiame dari masyarakat Kota Masohi cukup luar biasa.

Selain para peserta yang mengikuti kejuaraan, masyarakat dan para Aparat Sipil Negara dari berbagai instansi pun mengambil bagian datang ke GOR untuk mengikuti senam SKJ bersama.

Dominasi Skuad Timnas U-23 di Piala Asia, Menpora Dito Akan Terus Maksimalkan PPLP dan SKO

Upacara pembukaan dibuka langsung oleh Pj. Bupati Maluku Tengah yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Maluku Tengah Jauhari Tuarita.

Dalam sambutannya, Jauhari Tuarita menyambut baik dan mengapresiasi digelarnya Kejuraan antar Kampung tahun 2023, yang merupakan salah satu program Kemenpora RI yang diselenggarakan guna menggerakkan masyarakat agar gemar berolahraga dan mencari bibit unggul di bidang olahraga.

Kalahkan Australia, Timnas Indonesia U-23 Didominasi Alumnus PPLP dan SKO Kemenpora

"Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah bangga dengan kegiatan yang diberikan oleh Kemenpora RI karena dari sekian banyak daerah di Indonesia, kab. Maluku Tengah menjadi salah satu koordinat penyelenggaraan Tarkam tahun 2023," kata Jauhari.

Jauhari mengungkapkan, Kejuaraan Tarkam di Maluku Tengah menjadi momentum penting dalam memupuk semangat sportivitas dan mempromosikan nilai-nilai positif melalui kegiatan olahraga.

Selaku pejabat Bupati Maluku Tengah dan juga ketua KONI Maluku Tengah, dia mempunyai tanggung jawab besar untuk mendukung pengembangan prestasi olahraga di kabupaten Maluku Tengah.

Sejalan dengan itu, kata Jauhari, Kejuaraan Tarkam dengan beragam cabang olahraga yang akan dipertandingkan, sangat diharapkan menjadi panggung bagi para atlet dari berbagai Negeri di Kabupaten Maluku Tengah untuk memperlihatkan prestasi dan semangat olahraga yang tinggi.

"Saya sangat berharap, untuk menjaga nilai-nilai sportivitas bukan hanya atlet tetapi juga para wasit/juri dan official serta semua pihak yang terkait, baik di dalam maupun diluar arena dengan menunjukkan bahwa olahraga tidak hanya soal kemenangan," kata Jauhari.

"Tetapi juga bagaimana kita sama sama merayakan semangat persatuan dan semangat Masohi (gotong royong), terutama dalam rangka menyambut HUT ke 66 Kota Masohi," ungkapnya, menambahkan.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga RI yang diwakili oleh Sekretaris Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga, Suyadi Pawiro, mengingatkanuntuk menciptakan generasi emas dalam bidang olahraga.

"Diharapkan untuk menjaga kesehatan, kebugaran dan keaktifan dengan menerapkan nilai disiplin, kerja keras, pantang menyerah dan memupuk solidaritas dalam mencapai tujuan dari DBON yaitu Indonesia Bugar, berkarakter unggul dan berprestasi Dunia," kata Suyadi Pawiro.

"Olahraga merupakan bagian penting dalam kehidupan tidak hanya meningkatkan kondisi fisik dan ketrampilan gerak saja, namun olahraga juga sebagai pengikat tali persaudaraan, karena dalam kompetisi menang atau kalah itu biasa," ucapnya.

Opening ceremoni Kejuaraan Tarkam Kota Masohi juga dihadiri oleh Forkompinda Kabupaten Maluku Tengah, Kepala OPD se Kabupaten Maluku Tengah, Pimpinan KONI Kab. Maluku Tengah, Camat se Kabupaten Maluku Tengah, dan  Kepala Sekolah SD, SMP dan SMA/SMK se Kabupaten Maluku Tengah

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya