Ambisi BRAVE CF Ikut Bangkitkan MMA Indonesia

Petarung MMA di Brave CF
Sumber :
  • Brave CF

VIVA – Jakarta menjadi dunai MMA Indonesia makin menggema seiring penyelenggaraan BRAVE Combat Federation 76 (BRAVE CF 76) di Balai Sarbini, 25 November 2023.

9 Petarung Indonesia Hadapi China di One Pride MMA King Size New Champion

Principal KHK Holdings, pemegang brand BRAVE CF, Rika Aryuna menjelaskan, kompetisi itu menampilkan 11 pertandingan, 22 petarung elite, yang menarik perhatian penggemar MMA di Indonesia dan Asia Tenggara. 

Pertarungan utama menampilkan Kamil Magomedov, salah satu petarung lightweight terbaik di dunia menghadapi Josh Togo dari Australia.

One Pride MMA King Size New Champion Gelar Acara Penghargaan

Magomedov mampu mengukur pergerakan Togo di ronde pertama, sebelum menyelesaikan pertarungan dengan kemenangan melalui teknik submission (rear-naked choke) pada ronde kedua di menit pertama.

Tidak kalah menarik, pertarungan Murad Guseinov (Junior World Champion IMMAF 2019) yang menaklukkan David Martinez asal Australia melalui teknik buggy choke pada ronde pertama. 

Rocky Gerung: Mental Petarung Surya Paloh Lama-lama Mulai Mengalami Inflasi

Pertarungan sengit lainnya antara Randi Febian dan Dewantoro Wibowo, menjadi salah satu pertarungan paling gila dalam sejarah BRAVE CF.

Randi hampir mematahkan lengan lawan, sebelum Dewantoro melancarkan serangan yang berujung penghentian pertarungan sementara. Ketika dilanjutkan, Randi hampir saja menang dengan teknik armbar, namun Dewantoro menolak menyerah dan berhasil melanjutkan hingga ronde kedua.

Randi mengejutkan semua orang dengan pukulan hook kiri yang hebat, menumbangkan Dewantoro dan mengakhiri pertarungan dengan serangan bertubi-tubi​​.

Windri Patilima, juara kelas welter kompetisi MMA nasional dari Bali MMA Camp, menaklukkan fighter asal Filipina John Manahan juga melalui rear neck choke di ronde pertama.

Rizal Zulmi asal BKT Fight Club Jakarta hampir mencetak rekor KO tercepat dalam sejarah BRAVE CF. Dia hanya membutuhkan waktu 15 detik untuk mengalahkan Weerasak Phormsakha, menjadi momen paling mengejutkan malam itu​​. Kedua petarung asal Indonesia itu menunjukkan semangat juang tinggi demi mengharumkan nama Indonesia​​.

Selain itu, Jefri Arianto asal Indonesia juga melakukan debut di BRAVE CF dengan menghadapi Mojtaba Nasiri dari Iran di kelas.

Setelah sukses besar di Jakarta, BRAVE CF akan melanjutkan tur global dengan menyelenggarakan BRAVE CF 77 di Bahrain pada 5 Desember. Ajang itu diikuti dengan BRAVE CF 78 di Brazil.

Rika menambahkan, secara dramatis, perlahan Indonesia mampu menunjukkan kapasitas sebagai negara penggemar dan penyelenggara kompetisi MMA berskala internasional.

”Kami menggandeng tim dari BRAVE International yang berisi ahli di bidangnya dan menggandeng mitra nasional seperti CUBICreative dan KOBI, untuk menyelenggarakan BRAVE CF 76. Selama persiapan dan eksekusi event, transfer ilmu menjadi warisan atau legacy berharga bagi tim pelaksana kita di sini,” jelas Rika.

Dia menjelaskan, dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia menjadi sorotan dalam industri MMA. Sehingga, BRAVE CF berambisi untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat MMA di Asia Tenggara, bahkan di benua Asia. ”Tunggu saja gebrakan kami berikutnya di 2024!” ucap Rika.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya